5 Cara Memilih Niche Blog Yang Tepat dan Menguntungkan

Niche Blog

Sebuah blog biasanya memiliki niche atau tema tertentu. Menemukan niche yang tepat merupakan salah satu hal penting saat membangun sebuah blog profesional. Ada banyak niche yang sebenarnya bisa dipilih namun belum tentu itu cocok dan menguntungkan. Nah, berikut ini beberapa cara memilih niche blog yang tepat dan menguntungkan:

1. Memilih Topik yang Disukai

Memulai sebuah blog sejatinya adalah proses yang menyenangkan. Namun seiring berjalannya waktu banyak yang kemudian menyerah karena kehilangan ketertarikan. Maka sangat penting untuk memilih topik yang disukai sebagai niche blog tersebut. Pilihlah topik yang akan menyenangkan untuk dibicarakan dan dipelajari. 

Topik yang dipilih bisa berupa hobi, pekerjaan, atau bahkan hewan peliharaan. Blogger tidak harus seorang yang ahli dalam topik tersebut. Namun pemilik blog harus memilih topik yang membuatnya bersemangat saat membicarakannya. Coba buatlah daftar 10 niche blog yang disukai, kemudian pilih yang benar-benar menarik untuk dituangkan ke dalam blog.

2. Melakukan Riset Pasar

Konsumen sebuah blog adalah pembaca atau pengunjung blog tersebut. Jika ingin membangun blog yang memiliki banyak pengunjung maka harus tahu apa yang diinginkan oleh warganet. Misalnya topik yang disukai adalah tentang binatang reptil. Selanjutnya mencari tahu apakah topik tersebut memiliki cukup banyak peminat dan bagaimana persaingannya.

Mulailah dengan menggunakan fitur yang terdapat di Google Trends. Cari tentang topik atau niche blog yang disukai, kemudian lihat apakah banyak peminatnya. Hasilnya berupa sebuah grafik dari waktu ke waktu. Hindari topik yang memiliki grafik menurun karena berarti minat pasar terhadap topik tersebut juga menurun.

3. Memilih Niche yang Spesifik

Saat ini ada banyak sekali blog yang tersebar di internet dengan beragam topik. Saat mengetikkan sebuah topik di mesin pencari akan terlihat ada banyak website atau blog yang sudah membicarakannya. Penting untuk fokus pada niche yang spesifik karena persaingannya lebih mudah. Jadi setelah menemukan topik utama selanjutnya memilih topik spesifiknya.

Pada bagian bawah mesin pencari biasanya ada tambahan tentang pencarian yang berkaitan dengan topik utama. Bagian tersebut biasanya merupakan niche yang lebih spesifik yang juga banyak diminati oleh publik. Lakukan riset kembali tentang apakah topik tersebut memiliki peminat yang stabil. Riset ini bisa dilakukan melalui Adwords Keyword Planner dari Google.

4. Memilih Niche yang Menguntungkan

Cara memilih niche blog yang tepat dan menguntungkan selanjutnya adalah meyakinkan bahwa niche tersebut menguntungkan. Ini penting, terutama jika berencana untuk mendapatkan uang dari blog. Meskipun kadang uang bukan tujuan utama, namun itu bisa menjadi pemicu agar terus bisa mengembangkan blog tersebut. Adanya pemicu ini cukup penting dalam keberlangsungan blog.

Cara untuk mengetahui apakah niche tersebut menguntungkan yaitu dengan melihat apakah ada bisnis yang beriklan untuk kata kunci topik. Jika ada bisnis yang ternyata menargetkan kata kunci yang berhubungan dengan niche yang dipilih maka itu kabar baik. Ini berarti niche tersebut menguntungkan bagi pemilik blog karena mudah mendatangkan iklan.

5. Memilih Niche yang Membuka Peluang Bisnis
Tak sedikit dari pemilik blog yang kemudian menjadi pengusaha sesuai dengan topik blog miliknya. Ada baiknya jika niche blog yang dipilih juga bisa membuka peluang bisnis di masa yang akan datang. Topik blog yang memiliki pasar besar tentunya bisa dimanfaatkan dengan menjual produk milik sendiri.

Produk yang dijual bisa berupa produk digital seperti e-book ataupun kursus online. Bisa juga memproduksi barang-barang yang berkaitan dengan niche blog. Misalnya saja blog dengan tema makanan manis, jika blognya sudah terkenal maka akan lebih mudah jika nantinya membuka bisnis produk makanan manis tersebut.

Itulah beberapa cara memilih niche blog yang tepat dan menguntungkan. Bagi yang masih bingung dengan topik atau niche yang akan dipilih maka perlu bertanya pada diri sendiri. Apakah ada topik yang benar-benar disukai yang ingin dituangkan dalam sebuah blog.

Ada juga beberapa niche blog terbaik yang bisa dipilih misalnya fashion, kesehatan, keuangan, wisata, bisnis, dan makanan. Tapi meskipun sudah memilih niche blog terbaik, namun keberlangsungan blog tetap pada pemilik blog tersebut. Perlu adanya komitmen dan dorongan agar blog bisa menjadi sukses.

Cukup sekian artikel tentang 5 Cara Memilih Niche Blog Yang Tepat Dan Menguntungkan. Ikuti terus blog Ngeblogger.com agar tidak ketinggalan update artikel terbaru. Semoga terus bermanfaat.

Artikel Terkait: 4 Cara Mudah Membuat Blog Untuk Blogger pemula


Belum ada Komentar untuk "5 Cara Memilih Niche Blog Yang Tepat dan Menguntungkan"

Posting Komentar

Silakan tulis pesan di kolom komentar dengan bijak. Komentar SPAM, memberikan link tanpa izin Admin, dan tindakan negatif lain tidak akan diterbitkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel