Blogspot vs WordPress Lebih Baik Yang Mana?

Blogspot vs Wordpress

Banyak sekali orang yang bingung untuk memilih platform yang akan digunakan dalam kegiatan blogging, terutama bagi pemula seperti saya. Karena dari sekian banyaknya platform, tentu saja semua orang menginginkan yang terbaik.

Namun pada kenyataannya, setiap platform pasti memiliki kekurangan dan kelebihan sehingga sulit untuk menentukan pilihan. Sekarang ini, terdapat 2 platform yang paling banyak digunakan oleh para blogger, yaitu Blogspot dan WordPress.

Kedua platform tersebut merupakan platform blogger yang sudah sangat lama ada, dan membuat persaingan ketat. Jika diibaratkan sebagai handphone, mungkin mereka sangat mirip dengan persaingan antara Samsung dan Iphone yang tiada habisnya.

Secara garis besar, kedua platform tersebut memiliki fungsi dan konsep yang tidak berbeda jauh, yaitu sama-sama menyediakan fasilitas blogging kepada penggunanya. Namun begitu, seperti yang sudah saya katakan diatas jika semua platform pasti memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Sehingga banyak sekali orang yang memilih kedua platform tersebut, demi mendapatkan kelebihannya dan tidak terlalu memikirkan kekurangannya. Kita bebas memilih untuk menggunakan platform apa, namun setiap pilihan tentu saja harus dipertimbangkan dengan baik.

Hal ini sangat diperlukan untuk mendapatkan fasilitas dan fitur terbaik untuk blog Anda. Mulai dari kemudahan penggunaannya, hingga fitur-fitur yang mendukung blog agar dapat meningkatkan performanya di mesin pencari. Berikut ini adalah perbandingan antara Blogspot dan WordPress beserta kekurangan dan kelebihannya.

Mengenal Jenis-Jenis WordPress

Blogspot vs Wordpress


Sebelum memasuki perbedaan antara Blogspot dengan WordPress, sebelumnya kita akan membahas mengenai 2 jenis WordPress terlebih dahulu.

WordPress memiliki 2 jenis platform yang berbeda, yaitu WordPress.com (Hosted) dan WordPress.org (Self Hosted). Meskipun secara garis besar keduanya memiliki fungsi dan tampilan yang sama, namun terdapat beberapa fitur yang berbeda.

WordPress Hosted

WordPress hosted merupakan platform blogging yang dikeluarkan oleh WordPress.com. Saat menggunakan platform ini, Anda akan mendapatkan subdomain gratis berupa namadomain.wordpress.com.

Platform ini dapat digunakan secara gratis, namun dengan fungsi dan fitur yang terbatas. Namun, Anda bisa mendapatkan fungsi dan fitur yang lebih baik dengan cara beralih ke paket personal, premium ataupun bisnis.

Kelebihan menggunakan WordPress Hosted adalah gratis dan dapat menyimpan file hingga 3GB. Anda juga tidak perlu melakukan update apapun, karena sudah ditangani oleh WordPress sendiri.

Kekurangannya adalah fitur-fitur yang terbatas, seperti tidak dapat menambahkan plugin dan hanya dapat memilih template tertentu dari WordPress. Anda juga tidak diizinkan untuk memasang iklan, selain dari WordAds.

Selain itu, WordPress juga akan menampilkan tautannya dan hanya dapat dihilangkan apabila Anda menggunakan paket bisnis. Website Anda pun dapat dihapus sewaktu-waktu apabila penggunaannya digunakan untuk situs ilegal.

WordPress Self Hosted

Berbeda dengan WordPress Hosted yang dapat Anda gunakan tanpa perlu ribet-ribet melakukan instalasi dan banyak melakukan pengaturan. Karena pada WordPress Self Hosted, Anda perlu memiliki layanan hosting untuk dapat menjalankannya.

Meskipun begitu, WordPress Self Hosted merupakan platform blog open source yang sama-sama dapat digunakan dengan gratis. Platform ini juga sangat cocok digunakan untuk berbagai website, mulai dari website pribadi hingga website perusahaan.

Kelebihan dari WordPress Self Hosted adalah kontrol penuh yang dapat mengubah, ataupun menambahkan apapun pada website Anda. Tidak seperti WordPress hosted yang penggunaanya dibatasi.

Anda juga diperbolehkan untuk memasang iklan dari manapun, baik itu Google Adsense, maupun penyedia publisher iklan lainnya. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan domain sendiri dengan gratis.

Sedangkan kekurangan dari WordPress Self Hosted adalah pada sisi keamanan yang tidak sebaik WordPress Hosted. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya situs WordPress Self Hosted yang telah diretas, namun Anda masih bisa melakukan pengamanan dengan menambahkan plugin keamanan dan melakukan chmod.

Perbandingan Blogspot dengan WordPress

Blogspot vs Wordpress


Dari Segi kepemilikan

Jika Anda menggunakan layanan WordPress Self Hosted, maka Anda akan memiliki kontrol penuh terhadap situs web Anda. Namun, jika menggunakan WordPress hosted maka Anda tidak bisa dikatakan sebagai pemilik penuh situs tersebut.

Apabila Anda memilliki situs yang menggunakan WordPress Self Hosted, maka Anda tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu situs Anda akan dihapus. Karena Anda merupakan sang pemilik situs tersebut, dan tidak menumpang seperti halnya jika menggunakan WordPress Hosted.

Penggunaan kapasitas penyimpanan pada WordPress Self Hosted pun tidak dibatasi selama Anda memiliki hosting yang cukup. Namun, pada WordPress Hosted gratisan, Anda hanya bisa menyimpan file hingga 3GB dan perlu membayar lagi apabila ingin menyimpan file lebih banyak.

Sama halnya dengan WordPress Hosted, Anda tidak akan memiliki kontrol penuh terhadap situs blogspot Anda. Sehingga, situs Anda juga dapat dihapus sewaktu-waktu apabila menggunakan layanan blogspot.

Meskipun Anda bisa menggunakan nama domain pribadi, namun tetap saja situs tersebut bisa dihapus oleh pihak blogspot. Walaupun begitu, Anda masih bisa menggunakan nama domain apabila memindahkan domain tersebut ke layanan lainnya.

Layanan blogspot juga menyediakan media penyimpanan yang lebih besar, tepatnya sebesar 15GB. Kamu bisa memperbesar penyimpanan hanya dengan membuat akun baru, dan mengundang akun tersebut sebagai admin blog Anda.

Blogspot juga mengizinkan Anda untuk menggunakan template lain, tanpa harus menggunakan biaya tambahan. Pemasangan iklan pun diperbolehkan apabila Anda menggunakan layanan blogspot, Anda bebas memilih untuk memasang iklan dan menjadi publisher dari mana saja.

Dari Segi Keamanan

WordPress Hosted memiliki keamanan yang sangat baik karena kendali penuh situs dipegang oleh WordPress sendiri. Namun pada WordPress Self Hosted, tidak ada jaminan sama sekali terhadap kemanaannya.

WordPress Self Hosted juga sangat sering diretas, tetapi bukan berarti Anda tidak bisa meningkatkan keamanan dari WordPress Self Hosted. Anda cukup menggunakan plugin keamanan dan chmod terhadap wp-config.php apabila ingin memperkuat keamanan situs Anda.

Blogspot memiliki keamanan yang sangat kuat dan mungkin tidak bisa ditembus selama akun Google Anda tidak diretas. Sama seperti WordPress Hosted, Anda tidak perlu melakukan apapun untuk mengamankan situs Anda dari para hacker.

Karena itulah, Blogspot sangat cocok digunakan apabila Anda menginginkan blogging dengan modal minim namun dengan fitur yang baik.

Dari Segi Kemudahan

Banyak sekali orang yang beranggapan jika WordPress hanya cocok digunakan oleh para professional, dan Blogspot cocok digunakan oleh para pemula. Meskipun anggapan tersebut benar, namun tidak sepenuhnya benar!

WordPress dan Blogger sama-sama platform yang cocok digunakan oleh siapa saja, namun sesuai dengan kebutuhannya. Karena pada kenyataannya, banyak sekali professional yang masih tetap memilih untuk menggunakan Blogspot.

Namun, memang benar jika dikatakan kebanyakan professional lebih memilih WordPress sebagai platform blogging mereka. Karena WordPress memiliki plugin dan fitur-fitur bagus yang dapat mendukung untuk optimasi SEO blog mereka.

Menurut saya pribadi, memang lebih baik pemula menggunakan Blogspot sebagai pilihan platform mereka. Karena Blogspot memiliki menu yang mudah dipahami, dan mengoperasikannya pun bisa dibilang mudah.

Namun meskipun demikian, kedua platform ini sama-sama mudah digunakan, meskipun WordPress sendiri memiliki banyak menu. Tetapi, Anda tidak perlu merubah settingan WordPress jika tidak mengerti hal tersebut, karena situs tetap akan berjalan normal tanpa melakukan pengaturan apapun.

Nah itulah sekilas tentang Blogspot dan Wordpress. Silakan disesuaikan dengan diri Anda sendiri. Jangan memaksa keadaan jika dirasa tidak cocok. Gunakanlah platform yang cocok bagi Anda.

Terimakasih sudah berkunjung di halaman ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya yaa.

Belum ada Komentar untuk "Blogspot vs WordPress Lebih Baik Yang Mana?"

Posting Komentar

Silakan tulis pesan di kolom komentar dengan bijak. Komentar SPAM, memberikan link tanpa izin Admin, dan tindakan negatif lain tidak akan diterbitkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel