Mengenal Menu Dashboard Blogger Terbaru 2019

Menu Dashboard Blogger

Artikel ini masih ada kaitannya dengan artikel yang sebelumnnya 4 Cara Mudah Membuat Blog Untuk Blogger Pemula. Di artikel ini saya akan melanjutkan dari tutorial sebelumnya.

Sebelum Anda benar-benar serius untuk belajar membuat dan mengelola blog lebih jauh, akan lebih baik jika Anda terlebih dahulu memahami fungsi-fungsi dari menu dan submenu di dashboard blog Anda. Mengapa demikian? Saya ambilkan contoh ketika Anda baru saja belajar mengendarai mobil manual.

Sebelum mengendarai mobil, Anda pasti terlebih dahulu memahami elemen penting yang terdapat pada mobil tersebut. Saya contohkan elemen penting yang perlu diketahui ketika Anda ingin belajar mengendarai mobil antara lain pedal rem, gas, kopling, gigi mobil (persneling) dan beberapa elemen penting lainnya. Anda tidak bisa menjalankan mobil jika Anda sendiri belum tahu elemen penting tersebut. Oleh sebab itu saya katakan penting bagi Anda untuk memahami menu dan submenu yang ada di dashboard blog Anda sebagai elemen penting kelangsungan blog Anda.

Apa itu Dashboard Blog?


Dashboard blog adalah halaman utama yang terdapat pada sebuah blog, yang tentunya mimiliki beberapa fitur seperti menu utama dan submenu untuk mengkostum blog Anda. Bahasa mudahnya yakni halaman untuk mengelola blog. Dalam hal ini, saya hanya fokus pada dashboard blog dari Blogger.com. Silakan Anda coba masuk pada dashboard blog Anda sendiri.

Setelah masuk pada dashboard blog, silakan Anda lihat menu utama dashboard yang berada di sisi sebelah kiri. Kolom yang berwarna merah adalah menu utama dashboard.  Jika masih bingung silakan Anda lihat gambar di bawah ini.


Setelah Anda lihat di sisi sebelah kiri (dalam kolom merah) terdapat banyak menu utama yang masing-masing menu tentunya memiliki fungsi yang berbeda. Saya akan mulai menjelaskan satu per satu menu tersebut.

1. Nama Blog Anda
Nomor 1 menunjukan nama tampilan dari blog Anda saat ini. Jika Anda memiliki  dua blog atau lebih dalam satu akun, Anda bisa masuk ke dashboard blog anda yang lain dengan cara menekan tombol segitiga kecil di samping nama blog Anda. Jika Anda ingin menambah blog baru dalam satu akun, klik pada tulisan Blog baru... maka akan muncul halaman pembuatan blog.

2. Lihat blog
Selanjutnya di bawah tulisan nama blog Anda terdapat tulisan Lihat blog. Ketika Anda mengklik tulisan tersebut, Anda akan di bawa ke web browser untuk melihat tampilan blog Anda saat ini. 

3. Menu Postingan
Menu Postingan adalah tempat untuk melihat status postingan Anda. Jika Anda klik menu tersebut maka akan muncul tiga submenu Antara lain "Semua - Draf - Diterbitkan". Dari ketiga submenu tersebut memiliki fungsi yang berbeda. 


  • Submenu - Semua: Memberikan informasi jumlah semua artikel yang Anda miliki
  • Submenu - Draf: Memberikan informasi bahwa  Anda masih memiliki artikel yang belum  dipublikasikan. Submenu ini tidak akan muncul jika Anda tidak menyimpan postingan yang belum dipublikasikan.
  • Submenu - Diterbitkan: Memberikan informasi artikel Anda yang telah dipublikasikan.
  • Entri baru: Ini masih termasuk submenu dari menu postingan. Sengaja saya bahas di akhir agar lebih mudah untuk dibahas dan lebih jelas. Ketika Anda klik menu Postingan maka submenu Entri baru juga akan terlihat di bagian atas. Fungsi dari submenu Entri baru adalah untuk membuat postingan. Jika Anda klik maka akan muncul halaman pengelola postingan. Halaman tersebut hampir mirip dengan Microsoft word. 


4. Menu Statistik
Setelah menu Postingan, tepat berada di bawahnya terdapat menu Statistik yang tidak kalah penting dari menu lainnya. Fungsi dari menu statistik adalah memberikan berbagai macam informasi yang hampir akurat sesuai jangka waktu yang Anda inginkan. Di menu statistik juga terdapat empat submenu dengan fungsi yang berbeda-beda. Dari keempat submenu tersebut yakni "Ikhtisar - 

  • Submenu - Ikhtisar: Submenu Ikhtisar memberikan grafik informasi, jumlah pengikut blog dan jumlah penayangan sesuai jangka waktu yang Anda tentukan. 
  • Submenu - Postingan: memberikan informasi postingan dan halaman yang Anda publikasikan beserta jumlah penayangannya. 
  • Submenu - Sumber lalu lintas: memberikan informasi URL dan Situs dari pengunjung beserta jumlah penayangannya. 
  • Submenu Pemirsa: memberikan informasi Penayangan menurut negara - Browser - dan sistem operasi yang di gunakan oleh pengunjung blog Anda beserta jumlahnya.

5. Menu Komentar
Menu komentar memberikan informasi ketika ada pengunjung yang berkomentar di postingan Anda. Di menu ini terdapat dua submenu yaitu "Diterbitkan dan Spam" 

  • Diterbitkan: Memberikan informasi seluruh komentar masuk ataupun yang sudah Anda balas.
  • Spam: Memberikan informasi kepada Anda ketika terdapat komentar yang di tandai sebagai spam.
6. Menu Penghasilan
Menu ini memberikan peluang penghasilan untuk para Blogger yang mendaftarkan blognya ke Google Adsense. Ditandai dengan icon dolar.

Ketika Anda baru saja selesai membuat blog, kemungkinan menu ini tidak muncul. Silakan Anda masuk ke pengaturan dan merubah bahasa Indonesia ke bahasa Inggris (Amerika Serikat). 

7. Menu Halaman
Menu halaman berfungsi untuk mengelola halaman blog Anda. Biasanya menu halaman di buat untuk mengelola halaman yang diposting khusus seperti About, Contact, Privacy Policy, Disclaimer dan lain sebagainya.


8. Menu Tata Letak
Menu ini dapat Anda gunakan untuk mengelola tata letak blog, menambahkan gadget, merubah icon favicon, merubah nama tampilan blog menjadi gambar dan lain sebagainya. Tampilan tata letak setiap blog bisa saja berbeda sesuai dengan tema dan keinginan pengelola blog itu sendiri. 


9. Menu Tema
Jika Anda merasa bosan dengan tema blog yang Anda gunakan saat ini, Anda dapat merubahnya di menu ini. Untuk mengelola tema atau template terdapat dua cara. Anda bisa menggunakan tombol Sesuaikan atau menggunakan Edit HTML. Jika ingin mengganti template yang baru saja Anda download, Anda bisa klik tulisan cadangkan/pulihkan untuk mengambil data xml. Biasanya terletak di pojok kanan atas

10. Menu Setelan
Menu ini dapat Anda gunakan untuk mengatur blog mulai dari Profil, Postingan, Komentar, Bahasa, dan lain sebagainya. Anda dapat merubah sesuai apa yang Anda inginkan.


Di menu setelan terdapat 7 submenu. Anda dapat mengatur blog melalui submenu tersebut untuk mengoptimalkan blog Anda. Fungsi dari beberapa submenu tersebut yaitu:

  • Submenu - Dasar: Untuk merubah Judul blog, Alamat blog, Penulis dan lain sebagainya
  • Submenu - Postingan, Komentar, dan Berbagi: Untuk mengatur Jumlah postingan di halaman utama, Siapa saja yang dapat berkomentar di blog Anda, berbagi postingan di google+ dan lain sebagainya.
  • Submenu - email: Untuk mengatur sesuatu yang berkaitan dengan email blog Anda 
  • Submenu - Bahasa dan Pemformatan: Untuk merubah bahasa dan waktu yang Anda gunakan di blog.
  • Submenu - Preferensi penelusuran: Untuk mengatur sesuatu yang berkaitan dengan penelusuran blog.
  • Submenu - Lainnya: Untuk mengimpor & mencadangkan konten, Hapus blog, Feed situs, dan mengaktifkan atau monaktifkan konten dewasa.
  • Submenu - Setelan pengguna: Untuk mengatur profil pengguna, bahasa pengguna, dan lain sebagainya.
11. Menu Daftar Bacaan
Menu ini berfungsi untuk menampilkan situs atau blog yang Anda ikuti dan terdapat informasi artikel-artiket terbaru dari blog tersebut.

12. Menu Bantuan & Masukan
Menu ini dapat Anda gunakan untuk meminta bantuan dan memberikan masukan kepada pihak Blogger. Anda juga disediakan beberapa artikel tutorial untuk mengelola blog.


Nah itulah sedikit penjelasan singkat terkait menu dan submenu yang terdapat pada dashboard blogspot. Semoga keterangan singkat ini dapat bermanfaat. Selamat belajar semoga berhasil.

Berlangganan gratis update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Menu Dashboard Blogger Terbaru 2019 "

Posting Komentar

Silakan tulis pesan di kolom komentar dengan bijak. Komentar SPAM, memberikan link tanpa izin Admin, dan tindakan negatif lain tidak akan diterbitkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel