Tips Sederhana Membuat Berita Viral

Tips Sederhana Membuat Berita Viral

Berita viral adalah postingan yang secara tiba-tiba menjadi populer dan banyak diperbincangkan. Baik berupa video, foto, atau hanya sekadar tulisan saja.

Konten berita viral merupakan berita yang banyak dicari para blogger tanah air untuk dijadikan sebuah konten yang menarik. Melihat dunia maya khusunya warga +62 hobi menanggapi berita-berita yang sedang ramai diperbincangkan, tentu berita viral menjadi acuan yang efektif untuk meningkatkan trafik blog mereka.

Jika Anda memang benar-benar ingin membuat konten berita viral, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui agar tidak terperosok dalam berita hoak atau penipuan. Berikut tips-tips yang dapat membantu Anda membuat konten berita viral.

Tips Sederhana Membuat Berita Viral


1. Mencari Sumber yang Terpercaya

Tips yang pertama dapat Anda lakukan yakni mencari sumber berita viral dari situs-situs besar yang sudah terpercaya keakuratannya. Seperti beberapa situs besar yang sangat populer di tanah air yakni Detik.com, Luputan 6, Kompas, dan situs besar lainnya. Hal ini dapat memberikan informasi yang akurat sehingga Anda tidak terjebak dalam berita hoak.

Anda dapat mencari berita yang paling populer pada situ-situs tersebut, biasanya terdapat pada menu yang bertulisan Populer, Viral, Hot, atau sejenisnya.

2. Mengubah Judul Berita

Setelah menemukan berita yang dijadikan sebuah konten artikel, selanjutnya yakni merubah judul konten agar tidak terlihat sama dengan situs yang Anda jadikan sumber artikel. Tapi perlu diingat, judul jangan melenceng dari pembahasan pokok isi konten. Anda dapat sedikit merubah judul tersebut.

Contoh judul berita viral:

Viral !!! Benda kecil Benilai Ratusan Juta ini Gegerkan Masyarakat

Dapat Anda ganti menjadi:

Viral !!! Benda Kecil Ratusan Juta ini Hebohkan Warga Setempat

3. Menyimpulkan dari Beberapa Sumber

Setelah merubah judul berita viral yang akan Anda jadikan sebuah konten, Anda dapat menyimpulkan atau menuliskan kembali dari beberapa situs untuk dijadikan dalam satu konten artikel milik Anda. Jangan lupa tetap menggunakan bahasa Anda sendiri agar tidak terjadi duplikat konten.

4. Sertakan Sumber Berita

Sebagai blogger yang baik dan menghormati karya orang lain, jangan lupa sertakan sumber berita tersebut. Anda tidak harus menyertakan link sumbernya, cukup tuliskan saja dari mana sumber berita tersebut. Contoh anda dapat menuliskan  “Sumber berita: Liputan 6” (tanpa menyertakan link di dalamnya).

Dengan menyertakan sumber berita, Anda termasuk blogger yang baik karena mengakui bahwa konten artikel tersebut bukan hasil real yang Anda survei sendiri. Hal ini dapat membuat pengunjung percaya bahwa blog Anda merupakan situs yang jujur.

5. Sebarkan ke Sosial Media

Walaupun judul postingan ini hanya tips membuatnya, dirasa kurang lengkap jika hanya sampai di situ saja. Saya lanjutkan dengan cara menyebarkan konten artikel berita viral melalui sosial media.

Facebook

Saya rasa yang membaca postingan ini sudah ngerti apa itu facebook ya. Anda dapat bergabung dengan grup berita viral. Kebanyakan, Anggota grup tersebut update dengan berita viral harian. Anda dapat memberikan berita viral yang Anda buat kepada mereka.
Coba Anda kira-kirakan jika satu grup tersebut memiliki 10.000 anggota, kira-kira jika diambil yang sedikit Anda bisa mendapat 500-1000 pengunjung atau bahkan bisa lebih. Bagaimana jika Anda gunakan 2 atau lebih dengan jumlah keanggotaan grup yang sama? Saya yakin Anda dapat lebih dari 1000 pengunjung. Bagaimana jika Anda membuat konten artikel viral setiap hari? Saya yakin Anda sudah bisa membayangkan ya.

WhatsApp

Anda juga dapat menggunakan WhatsApp untuk berbagi berita viral, Sebaiknya Anda gunakan di story saja ya. Jika Anda posting dalam grup chatingan keluarga, alumni, atau yang lainnya, bisa-bisa Anda ditendang dari grup tersebut hehehe. Karena belum tentu mereka senang dengan berita-berita viral. Berbeda dengan grup facebook yang sudah saya contohkan sebelumnya. Grup facebook tersebut sudah jelas bahwa postingan dalam grup merupakan berita viral.

Instagram

Anda juga dapat membagikan postingan di story maupun halaman Instagram. Karena di halaman Instagram tidak dapat membagikan link, sebaiknya anda gunakan foto dan judul ditambah sedikit kalimat pemanis untuk membawa pengunjung ke story Instagram Anda.

Selanjutnya, dalam story Instagram dapat Anda gunakan link atau yang sering kita jumpai dengan istilah “Swipe Up” untuk diarahkan ke situs blog Anda. Nah kira-kira seperti itu. Mungkin Anda sudah mengerti apa yang saya maksud.

Untuk Sosial media saya rasa sudah cukup tiga itu saja. Sosial media yang lain bisa Anda sesuaikan sendiri ya.

Catatan: Berita viral merupakan sesuatu yang bersifat sementara. Mungkin hanya viral beberapa hari atau minggu saja. Sangat jarang jika sampai berbulan-bulan. Oleh sebab itu Anda harus benar-benar update setiap hari supaya tetap memiliki kepercayaan dari setiap pengunjung.

Nah itulah beberapa Tips Sederhana Membuat Berita Viral. Jika ingin ditambahkan, Anda bisa merogoh saku sedikit untuk beriklan.

Terimakasih sudah berkunjung dihalaman ini. Semoga bermanfaat dan berhasil bagi yang ingin membuatnya.


Berlangganan gratis update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Tips Sederhana Membuat Berita Viral"

Posting Komentar

Silakan tulis pesan di kolom komentar dengan bijak. Komentar SPAM, memberikan link tanpa izin Admin, dan tindakan negatif lain tidak akan diterbitkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel