Adsense: Tips Agar Blog Mudah Diterima Google Adsense

Cara Mudah Daftar Adsense

Adsense adalah progam periklanan yang berbasis CPC (Cost-Per-Click) yang dapat digunakan sebagai ladang penghasilan dari pemilik situs yang telah terdaftar kelayakannya. Sejak awal berdirinya program Adsense pada tahun 2003, banyak para blogger yang berlomba-lomba mendaftarkan situsnya untuk berpartisipasi dalam program tersebut.

Sebagai pihak penyedia program periklanan Adsense, tentu mereka juga menyeleksi blog mana yang layak untuk digunakan. Oleh sebab itu, banyak dari pemilik situs yang kerap ditolak pendaftarannya karena blog mereka belum memenuhi syarat kebijakan program Adsense.

Kali ini saya akan memberikan tips bagaimana cara mudah diterima Adsense. Nah bagi kalian yang ingin cepat-cepat terdaftar Adsense, bisa dicoba tips yang saya berikan. Saya akan memberikan tips sesuai dengan pengalaman saya yang mendaftarkan blog kurang dari satu bulan sudah diterima. Berikut beberapa tips yang perlu kalian lakukan.

Tips Agar Blog Mudah Diterima Google Adsense

1. Buat Blog Dengan Satu Niche 

Tips yang pertama buatlah blog dengan satu niche (tema) terlebih dahulu. Hal ini untuk memfokuskan Adsense pada niche blog milik kalian. Tips ini juga disarankan oleh banyak mastah yang pernah saya tanyakan. Mereka berpesan untuk tidak mencampur niche dalam satu blog ketika akan didaftarkan Adsense.

Saya juga sempat membuatkan tutorial 5 cara memilih niche blog yang menguntungkan, jika kalian ingin membacanya, silakan baca di link bawah ini.

Baca: 5 Cara Memilih Niche Blog Yang Tepat dan Menguntungkan

2. Buat Halaman About, Contact, Sitemap, Privacy Policy, dan Disclaimer.

Blog yang kalian kelola saya sarankan untuk diberikan informasi terkait. Hal ini untuk meninjau apakah situs kalian benar-benar memiliki informasi yang akurat atau tidak. Jika masih bingung cara membuatnya, kalian bisa baca tutorial yang pernah saya buatkan. Tenang, kalian tidak perlu repot-repot mencari tutorial tersebut. Saya akan berikan link tutorialnya di bawah ini. Silakan dibaca dan dipraktikkan terlebih dahulu.

Baca:



3. Daftarkan Blog ke Google Webmaster Tools

Ketika kalian baru membuat blog, silakan kalian daftarkan blognya terlebih dahulu ke webmaster. Hal ini bertujuan agar blog dan situs kalian mudah terindeks oleh Google. Walaupun sebenarnya Google juga dapat mengindeks tanpa kalian daftarkan, akan tetapi cara ini untuk mempercepat saja.

Jika kalian belum tahu cara daftarnya, silakan baca tutorial Cara Daftarkan Blog ke Webmaster Tools terlebih dahuli.

4. Buat Postingan Minimal 10 Artikel

Buatlah minimal 10 konten artikel yang orisinil (karya sendiri). Ingat tujuan awal ya... kalian harus membuat konten artikel orisinil, tidak melakukan duplikat konten atau bahasa umumnya copy paste artikel orang lain.

Kalian juga bisa mengoreksi hasil tulisan kalian, apakah konten yang telah kalian tulis memiliki duplikat konten atau tidak dengan cara mengunakan tools gratisan. Berikut adalah tools gratisan untuk mengoreksi apakah artikel yang kalian buat cenderung copas atau tidak.

Baca:


5. Buat Gambar Sendiri

Tips yang keempat saya sangat menyarankan untuk membuat gambar sendiri. Maksudnya bagaimana, kalian bisa mengedit gambar sendiri. Jangan mengambil gambar dari sembarang situs untuk dijadikan gambar artikel pada blog kalian. 


Banyak para blogger yang kesulitan mendaftar karena faktor ini. Hal ini saya alami sendiri ketika beberapa kali ditolak, saya benar-benar memperhatikan apa saja konten yang bukan karya sendiri. Setelah beberapa kali memperbaiki situs, terakhir saya ingat bahwa gambar yang saya gunakan bukan hasil edit sendiri. 

Dengan itu, kemudian saya mencoba untuk menggantinya dengan gambar yang sudah saya edit sendiri. Alhamdulillah belum ada satu bulan, blog saya sudah diterima dan siap untuk memasang iklan adsense.


6. Jangan Membuat Link Keluar

Sebenarnya tidak ada larangan untuk membuat link keluar, akan tetapi saya sangat menyarankan untuk jangan terlebih dahulu membuat link keluar.

Contohnya link keluar seperti ini, ketika kalian sedang membuat konten yang berasal dari situs orang lain. Sebagai bentuk pengakuan sumber ide konten yang kalian buat, kalian cukup memberikan nama sumbernya saja tanpa menyertekan link ke blog sumber tersebut.

7. Posting Artikel Setiap Hari

Usahakan untuk memposting artikel setiap hari minimal satu artikel saja. Jika belum sanggup, buatlah 2 hari sekali untuk memposting artikel. Jadwalkan dengan konsisten agar memungkinkan Google dapat dengan mudah mengenali situs kalian.

8. Patuhi Kebijakan Adsense

Yang terakhir sudah pasti kalian harus mematuhi kebijakan dari Adsense. Sebagai perusahaan yang membayar kita, pastinya mereka memiliki kebijakan yang harus kita patuhi.

Dari ketujuh tips yang telah dituliskan di atas, saya rasa sudah cukup untuk mendaftarkan Adsense. Tips yang saya tulis ini saya ambil dari pengalaman saya sendiri. Jika kalian melihat postingan pertama blog ini tentang Cara Membuat Gmail, Itu saya terbitkan pada tanggal 08 Oktober 2019. Ketika diterima Adsense pada tanggal 02 November 2019, umur blog kurang lebih baru satu bulanan.

Jika kalian benar-benar ingin mendaftarkan blog ke Google Adsense, berjuanglah sedikit untuk mematuhi kebijakan tersebut. Saya yakin jika kalian benar-benar mematuhi, pihak Adsense akan segera menerima pengajuan situs kalian.

Demikianlah tulisan saya kali ini tentang Tips Agar Blog Mudah Diterima Google Adsense. Terimakasih sudah mengunjungi blog ini. Selamat mencoba, semoga dapat bermanfaat dan semoga kalian berhasil mendaftarkannya.

Berlangganan gratis update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Adsense: Tips Agar Blog Mudah Diterima Google Adsense"

Posting Komentar

Silakan tulis pesan di kolom komentar dengan bijak. Komentar SPAM, memberikan link tanpa izin Admin, dan tindakan negatif lain tidak akan diterbitkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel