Fakta Menjadi Seorang Blogger

Fakta Seorang Blogger

Fakta menjadi seorang blogger - Blogger merupakan sebuah istilah atau sebutan bagi orang yang memiliki blog dan menulis di dalam blog. Mungkin keterangan dari istilah tersebut jauh dari kata sempurna. Namun, secara umum seperti itulah kira-kira.

Kali ini saya akan mengungkapkan bagaimana fakta menjadi seorang blogger. Jika dalam tulisan saya nantinya terdapat kesan yang tidak pantas untuk diungkapkan, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Silakan hubungi saya melalui kontak yang tersedia ya. Kritik dan saran dari sahabatku sangat berguna untuk blog konten ini maupun yang lainnya.

Dengan ini, bukan berarti saya mencoba untuk membuat keyakinan kalian berubah disaat kalian sedang mempunyai keinginan besar untuk menjadi seorang blogger. Akan tetapi, justru saya mendorong dan memberikan dukungan berharap kalian mempersiapkan segalanya dan menjadi seorang blogger yang hebat.

Saya membuat tulisan ini dengan penuh pertimbangan yang mungkin jarang diungkap oleh banyak blogger. Kali ini saya ingin membangunkan diri saya sendiri dan kalian semua agar melek bahwa tidak ada pekerjaan yang mudah. Semua tetap butuh perjuangan dan keuletan.

Jika kalian ingin mengetahui fakta yang banyak terjadi ketika menjadi seorang blogger, silakan baca sampai selesai. Di akhir tulisan ini, saya akan memberikan sedikit terapi konyol untuk kita semua agar terus berkarya dalam menulis blog.

Jika kalian tidak ingin mengetahui atau belum siap mengerti fakta yang banyak terjadi ketika menjadi seorang blogger, saya persilakan untuk beralih ke tulisan saya yang lain. Berikut beberapa fakta menjadi seorang blogger.

Fakta Menjadi Seorang Blogger


1. Lebih Percaya Diri

Memiliki sebuah blog, menulis blog, atau disebut sebagai seorang blogger memang terkesan wah di telinga kita. Ya, karena di sekeliling kita masih jarang yang menggeluti aktivitas blogging. Hal ini membuat kita merasa sedikit membanggakan diri sendiri. 

Membanggakan diri sendiri inilah yang akan merusak pikiran bawah sadar kita menjadi seorang blogger. Terlalu fokus pada pujian yang didapat sehingga lupa dengan apa yang seharusnya dikerjakan.

Baca juga:


2. Mendapatkan penghasilan Dari Blog Tidak Mudah

Menjadi seorang blogger ingin mendapatkan penghasilan memang lumrah bagi setiap blogger. Hal ini memang diinginkan oleh banyak blogger termasuk saya. Ya, saya sendiri ketika ingin membuat blog juga berharap mendapat penghasilan tambahan dari blog. 

Saya mengatakan "penghasilan tambahan" karena saya sendiri saat ini bekerja sebagai petani yang berangkat pagi pulang siang. Diwaktu yang senggang saya gunakan untuk menulis blog.

Jika kalian ingin menjadikan blog sebagai pekerjaan utama, diperlukan keuletan, ketelitian dan masih banyak lagi yang perlu kita lakukan. Hal ini sudah sedikit mencerminkan bahwa menjadi seorang blogger tidak semudah membalikkan telapak tangan. Kalian harus menyiapkan diri untuk menjalankannya. 

Saran: Jangan meninggalkan pekerjaan utama jika jumlah penghasilan blog kalian belum 70% lebih dari jumlah penghasilan pekerjaan utama. 

3. Sulit Diterima Google Adsense

Sulit diterima Adsense??? Ya benar. Kenapa saya bilang benar. Banyak blogger dalam forum yang bertanya bagaimana cara daftar Adsense agar mudah diterima?. Melihat banyaknya pertanyaan dan artikel yang membuat solusi dari pertanyaan tersebut, sudah jelas bahwa daftar adsense tidaklah mudah. 

Hey sahabatku... Sulit bukan berarti tidak bisa diterima. Semua tergantung pada diri kalian sendiri. Jika kalian dari awal hanya fokus kejar Adsense, yang terjadi kalian menggunakan berbagai macam cara yang tidak semestinya (copyright). Tidak fokus pada kebijakan Adsense, jangan harap mudah untuk diterima.

Namun, tidak semua orang sulit diterima ketika mendaftar adsense ya. Ada yang sekali daftar langsung diterima. Ada yang sampai 52 kali daftar baru diterima. Ini curhatan teman saya sendiri yang tidak mau disebutkan identitasnya.

Saya sendiri 4 kali daftar baru diterima. Umur blog saya masih tergolong muda. Hanya satu bulan saja. Ingat, sulit bukan berarti tidak bisa diterima OK!. Semua itu kembali kepada tujuan kalian masing-masing.

4. Kehabisan Ide Konten

Banyak dari blogger yang sering kehabisan ide konten untuk ditulis. Hal ini sering terjadi pada blogger yang mengelola 1 niche blog saja. Memang lebih bagus, akan tetapi bingung ketika sudah mentok konten atau pikiran sedang kacau. Tapi tetap saja bisa diatasi ketika kalian memang sungguh-sungguh dalam mengelola blog.

Semacam ini sudah sangat sering dialami para blogger termasuk saya. Mungkin saya akan mengatakan 99% blogger pernah merasakan ini. Entah itu hanya beberapa saat saja, jam, hari atau bahkan berhari-hari tidak menemukan ide konten yang akan ditulisnya. Ini juga termasuk hambatan yang tidak terduga. Datang secara tiba-tiba dan pergi tanpa pamit.

Baca Juga: 5 Cara Memilih Niche Blog Yang Tepat dan Menguntungkan

5. Jarang Kumpul Dengan Tetangga

Karena disibukkan dengan menulis dan mencari konten, banyak blogger yang jarang ngerumpi dengan tetangga. Mungkin hanya beberapa jam saja setiap harinya. Akan tetapi, tidak semua blogger seperti itu. Jika kalian bisa mengatur waktu antara ngeblog + kerja lainnya dengan baik, mungkin saja masih bisa berkumpul dengan tetangga dan orang-orang sekitar setiap harinya.

Kalian pasti sudah memahami bagaimana hidup di desa apabila jarang bergaul dengan tetangga. Perasaan malu dan sungkan (bahasa jawa) terus terbawa. 

6. Waktu Istirahat Sedikit

Banyak diakui para blogger salah satunya saya sendiri bahwa waktu untuk istirahat menjadi berkurang. Terlebih bagi kita yang masih memiliki pekerjaan lainnya kemudian ditambah dengan mengelola blog, mungkin tidak hanya saya ketika malam hari sering begadang membuat konten dan pagi sampai siang bekerja. Hal ini harus benar-benar disiapkan sebelumnya.

7. Mendapat Cemohan

Mungkin tidak hanya saya, banyak blogger lain pernah mendapat cemohan yang bikin sakit hati. Entah itu dari teman dekat, keluarga, maupun pengunjung blog melalui komentar blog.

Bagaimana rasanya jika bersusah payah menulis, mencari ide konten, menghabiskan waktu di internet ternyata mendapat cemohan yang begitu menyakitkan.

Sedikit pengalaman saya pernah mendapat chat WhatsApp dari teman saya sendiri yang sudah lama kenal. Ia mengirimkan Screenshot halaman blog saya sambil berkata " Blog Jan**k gak guno blas. Guak ae nang kakus luweh manfaat". Jika diartikan dalam bahasa indonesia " Blog Jan**k tidak berguna sama sekali. Buang saja ke toilet lebih bermanfaat".

Bagi kalian yang pernah merasakan seperti itu mungkin tahu apa yang saya rasakan saat itu. Harus tetap sabar menghadapi orang seperti itu yang tidak ngaca pada dirinya sendiri.

Silakan berkomentar dengan bijak, hargai setiap karya orang lain. Jika merasa tidak nyaman dengan isi konten, hubungi admin berikan kritik dan saran yang bermanfaat.   Kita tidak bisa membuat sesuatu yang mereka bisa begitupun sebaliknya.

8. Blogger Bebas 

"Blogging bisa dikatakan sebagai aktivitas atau pekerjaan yang santai tidak terikat oleh waktu. Mau dikerjakan kapanpun dan dimanapun terserah kalian selagi masih terkoneksi dengan internet"

Kalimat tersebut sering ditemukan dari banyak artikel. Faktanya bagi blogger yang bertujuan mendapat penghasilan dari blog, tidak sebebas apa yang telah dikatakan. Bisa dibenarkan jika berkata "dapat dikerjakan kapan saja dan dimanapun terserah kalian selagi masih terkoneksi dengan internet"

Blogging aktivitas yang santai?? Menurut saya itu bagi sultan yang setiap memposting artikel menggunakan jasa artikel yang mengeluarkan biaya. Tidak terlalu dipusingkan untuk membuat artikel.

Blogging aktivitas yang santai?? Ya benar. Bagi mereka yang hobi menulis dan tidak memfokuskan konten dan blog ke Adsense. Hanya menjalankan hobi menulis dalam blog saja kapanpun bisa dikerjakan.

Lalu bagaimana jika seperti saya yang bekerja sebagai petani dan ngeblog mencari penghasilan tambahan? Sudah jelas dong, saya mencari penghasilan tambahan bukan mengeluarkan penghasilan. Jujur saya lebih memilih untuk menulis sendiri walaupun belum bisa menulis yang baik dan benar. Hal ini juga saya jadikan sebagai media belajar menulis.

9. Bertambahnya Pengetahuan

Blogger lebih sering membaca, entah itu membaca artikel yang sesuai dengan konten blognya atau membaca apapun yang terlintas dalam pikirannya. Hal ini menjadikan blogger sedikit demi sedikit dapat menambah pengetahuan.

Terapi untuk Menjadi Seorang Blogger


Jika kalian benar-benar ingin menjadi seorang blogger, saya sangat senang karena kalian berani melawan sisi pahit dari seorang blogger. Buatlah niat yang baik, jadilah blogger yang baik, hargai karya orang lain. Lakukan saja apa yang kalian bisa.

Tidak ada pekerjaan yang mudah, semua tergantung pada diri kalian masing-masing. Berpikir dan melihat dari mana mereka bisa, bukan mengapa dia bisa. Lihatlah blogger sukses bagaimana dahulunya ketika mereka masih sama seperti kita saat ini.

Mereka dahulunya sama seperti kita, hanya seorang blog biasa yang bahkan tidak tahu siapa yang akan membaca artikel yang telah kita buat.

Berbeda dengan artis bintang sinetron, mereka membuat blog satu minggu sudah bisa mendapat ribuan pengunjung atau bahkan lebih besar dari itu. Contoh Padahal hanya mempublikasikan konten curhat sehabis makan soto ayam saja. Namun begitu banyak pengunjung yang membaca dan menanggapi konten tersebut.

Sebagai blogger pemula sekaligus biasa seperti saya ini, kita patut mensyukuri. Kita bisa memberikan konten-konten yang bermanfaat kepada banyak orang. Walaupun terkadang ada yang kecewa itu sudah biasa sob, yang penting kita harus tetap semangat mengelola blog.

Ingat niat dan tujuan kalian sebelumnya. Mari kita berkarya.. lupakan segala tantangan..  ayo semangat buat karya dalam bentuk tulisan. Kalian pasti bisa. Semangat menjadi BLOGGER INDONESIA. Salam blogger.






0 Response to "Fakta Menjadi Seorang Blogger"

Post a Comment

Silakan tulis pesan di kolom komentar dengan bijak. Komentar SPAM, memberikan link tanpa izin Admin, dan tindakan negatif lain tidak akan diterbitkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel