Berapa Jumlah Internal Link yang Baik Dalam Satu Halaman Artikel?

Internal Link

Ketika kita membicarakan tentang internal link dalam suatu blog, kebanyakan orang akan langsung berpikir ke arah Search Engine Optimization (SEO). Ya, memang benar hal ini lebih mengarah pada teknik SEO karena yang paling sering digunakan oleh blogger.

Cara seperti ini dianggap sederhana dan terlihat biasa-biasa saja, namun efek dari adanya internal link cukup berpengaruh dalam optimasi suatu blog. Sebelum lanjut pada inti dari postingan ini, akan lebih baik jika kalian mengetahui terlebih dahulu tentang internal link.

Apa itu Internal Link?

Internal link adalah sebuah tautan/link yang diletakkan pada halaman artikel web/blog untuk digunakan sebagai rujukan ke halaman artikel yang lain dalam satu web/blog yang sama.

Jika kalian masih belum ngerti seperti apa rupa dari internal link, di bawah ini saya akan memberikan internal link yang masih berkaitan dengan postingan ini👇.


Tujuan Membuat internal Link

Tujuan utama adanya internal link yakni agar pengunjung yang sedang membaca halaman artikel blog saat ini dapat milihat bahwa terdapat artikel yang berkaitan dengan postingan ini di lain halaman. Secara singkatnya, internal link dibuat untuk memberikan arah bacaan kepada pembaca.

Selain tujuan utama di atas, membuat internal link juga bertujuan untuk dijadikan struktur blog agar lebih SEO. Maksudnya, dalam sebuah web/blog biasanya memiliki struktur artikel kunci atau artikel utama. Nah pada setiap artikel pelengkap, biasanya diberikan internal link ke artikel utama tersebut.

Struktur artikel seo
Struktur Blog


Jika artikel utama tersebut memiliki banyak sumber link yang masuk, maka artikel tersebut memiliki pondasi yang kokoh.

Ibarat kita melihat sebuah bangunan yang memiliki jumlah tiang yang banyak, maka bangunan tersebut akan lebih kokoh untuk terus berdiri.

Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi apa yang baru saja saya ketahui tentang jumlah internal link yang baik dalam satu halaman artikel. Berikut keterangan versi saya.

Baca juga: Apa Itu Search Engine Optimization (SEO)?

Jumlah Internal Link yang Baik Dalam Satu Halaman Artikel

Dulu ketika saya baru pertama kali membuat blog, sering bertanya tentang jumlah internal link dalam setiap halaman postingan. Namun, dari pertanyaan yang sama ternyata setiap orang berbeda-berbeda pula menanggapinya. 

Menurut saya sendiri, Jumlah internal link dalam setiap halaman artikel tidak dapat dipastikan yang baik berapa dan yang lebih SEO berapa. Semua tergantung dari isi artikel tersebut. 

Coba kita mengingat terlebih dahulu tujuan adanya internal link itu sendiri untuk apa. Setelah kita membaca di bagian tujuan membuat internal link yang telah saya tulis di atas, maka kita akan mengetahui bahwa tujuan adanya internal link yaitu untuk memberikan arah atau petunjuk bacaan kepada si pembaca.

Kalau begitu, sudah pasti tergantung isi dari artikel yang kalian buat. Jika terdapat pembahasan yang sekiranya memiliki artikel terkait, silakan saja diberikan internal link berapapun jumlahnya, toh itu juga untuk memberikan petunjuk kepada si pembaca.

Kesimpulan

Jika bertanya berapa jumlah internal link yang baik dalam satu halaman artikel, maka menurut saya saat ini tidak ada batasnya. Silakan mau diberikan 3,4,5, atau lebih yang penting masih berhubungan dari artikel tersebut. 

Oh ya, walaupun menurut saya boleh berapapun, tapi perlu kita lihat juga ya. Kita memposisikan sebagai pembaca, bagaimana jika terlalu banyak internal link, kira-kira dilihat enak atau tidak. Jangan membuat internal link yang sekiranya mengganggu pembaca.

Demikianlah berbagi penjelasan tentang pertanyaan semacam ini yang sering ditanyakan banyak blogger. Jika ada yang ingin menambahi atau membenarkan, silakan tulis di kolom komentar. Terimakasih sudah berkunjung ke sini. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Berapa Jumlah Internal Link yang Baik Dalam Satu Halaman Artikel?"

Post a Comment

Silakan tulis pesan di kolom komentar dengan bijak. Komentar SPAM, memberikan link tanpa izin Admin, dan tindakan negatif lain tidak akan diterbitkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel