Perbedaan Hosting dan Domain


Domain dan Hosting masih sering sekali di pertanyakan tentang perbedaannya oleh banyak orang. Karena memang hal ini masih jarang didengar bagi mereka yang baru memulai belajar tentang website dan blog. Oleh sebab itu, saya akan sedikit memberikan penjelasan tentang perbedaan Hosting dan Domain menurut pemahaman saya sendiri.

Perbedaan Hosting dan Domain

Apa Itu Hosting? 

Hosting adalah sebuah tempat penyimpanan file dari suatu web/blog tertentu. Baik berupa gambar, video, mp3, dan segala file yang berada di dalam web/blog tersebut.

Apa Itu Domain? 

Domain adalah sebuah nama alamat web/blog yang digunakan dalam mesin pencari untuk masuk ke web/blog yang dituju.

Pengibaratan Hosting dan Domain

Hosting (Server) bisa diibaratkan sebagai rumah yang digunakan untuk menyimpan berbagai macam bentuk barang di dalamnya. Dalam hal ini adalah segala file yang terdapat pada web/blog maka letak penyimpanannya berada pada hosting itu sendiri.

Sedangkan domain diibaratkan sebagai nama dan alamat. Bagaimana bisa orang mengetahui rumah ( server tempat penyimpanan segala file web/blog) kalian jika tidak diberikan alamat. Ketika kalian membaca blog ini, maka kalian masuk pada blog yang beralamat (domain) www.ngeblogger.com.

Hosting dan Domain masih memiliki kesinambungan yang sama-sama penting dalam keberlangsungan web/blog itu sendiri. Jika tidak ada salah satunya, maka web/blog tidak bisa diakses oleh orang lain.

Penyedia Hosting dan Domain

Hosting harus online 24 jam setiap harinya. Ketika tidak seperti itu maka web/blog yang kalian kelola juga tidak akan bisa diakses oleh orang lain di saat server sedang tidak online. Oleh karena itu, kalian perlu memilih hosting yang 99,9% berkualitas baik.

Penyedia hosting dan domain di Indonesia sendiri banyak sekali, namun kalian perlu memilih mana yang memiliki kualitas baik dan ringan kantong. Kalian juga bisa membeli hosting dan domain di👉 Domainesia ðŸ‘ˆ sebagai tempat terpecaya, memiliki kualitas baik dan tentunya ringan kantong.

DomaiNesia

Bagi kalian yang tidak ingin repot membeli hosting dan domain terpisah, Domainesia adalah jawabannya, kualitas baik, suport yang ramah, dan menyediakan paket hosting + gratis domain untuk kalian. 

Kesimpulan

Hosting adalah server web/blog yang digunakan untuk menyimpan segala file pada web/blog tersebut.

Domain adalah nama alamat web/blog seperti contoh www.ngeblogger.com sebagai nama alamat blog yang kalian baca saat ini.

Bagaimana? Sudah bisa membedakan apa itu domain dan apa itu hosting ya pastinya. Jika kalian ingin belajar membuat blog melalui hosting gratis blogspot.com, kalian berada di halaman yang tepat. 

Silakan ikuti panduan ngeblogger.com di menu halaman blog ini, atau bisa langsung klik Panduan Gratis Membuat Blog Sampai Bisa untuk langsung menuju totorialnya. 

Demikian sedikit penjelasan tentang perbedaan Hosting dan Domain kali ini. Terimakasih sudah mengunjungi blog ini, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di tutorial selanjutnya.

Berlangganan gratis update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Hosting dan Domain"

Posting Komentar

Silakan tulis pesan di kolom komentar dengan bijak. Komentar SPAM, memberikan link tanpa izin Admin, dan tindakan negatif lain tidak akan diterbitkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel