Perbedaan Domain TLD dan ccTLD - Singkat dan Jelas

Perbedaan Domain TLD dan ccTLD

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang perbedaan domain TLD dan ccTLD. Masih banyak dari teman-teman yang sering menanyakan tentang perbedaan dari kedua domain ini.

Karena kalian telah sampai pada artikel ini, saya rasa kalian sudah mengerti apa itu domain, sehingga tidak perlu saya jelaskan lagi di sini. 

Jika masih ada yang belum mengerti apa itu domain, silakan kalian baca terlebih dahulu di artikel sebelumnya atau klik judul artikel di bawah ini

Baca juga: Perbedaan Hosting dan Domain.

Baik, kita langsung masuk pada keteranganya.

Perbedaan Domain TLD dan ccTLD 

Perbedaan dari keduan domain tersebut sebenarnya tidak jauh berbeda, hanya terletak pada akhir nama domainnya saja. 

Yang perlu kalian pahami keterangan di bawah nanti, kalian cukup fokus pada akhir dari nama domain itu sendiri. Seperti .com dan .id. 

Silakan di cermati dan dipahami agar kalian tidak bingung. Bagi yang belum ngerti sama sekali mungkin sedikit membingungkan, sebenarnya mudah untuk membedakannya. 

Domain TLD

Top Level Domain (domain TLD) adalah nama/alamat domain yang umum digunakan banyak orang tanpa memiliki watermark dari masing-masing platform yang digunakan. 

Sebagai contoh domain TLD seperti www.facebook.com, www.ngeblogger.com, www.bola.net, anakrajin.id, belajarngeblog.co.id dan lain sebagainya.

Intinya, semua nama domain yang akhirnya menggunakan .com, .net, .id, .org, .info, .online, .xyz dan lain sebagainya itu dinamakan dengan domain TLD. 

Domain yang bukan TLD seperti apa? 

Kalian pernah melihat nama domain yang seperti ini? Contoh, namadomain.blogspot.com dari platform Blogger atau jika kalian menggunakan platform wordpress berarti namadomain.wordpress.com.

Nah, itu adalah nama domain yang bukan TLD atau masih bisa dibilang subdomain dari masing-masing platform tersebut. Karena masih terdapat nama dari platform yang digunakannya, maka domain tersebut adalah gratis. Bahasa lainnya, masih meminjam nama domain kepada pihak platform yang mereka gunakan.

Yang belum mengerti tentang platform Blogger dan Wordpress, kalian bisa baca artikel yang sudah saya tulis sebelumnya di bawah ini.

Baca juga: Blogspot vs Wordpress Lebih Baik yang Mana?

Lantas apa bedanya dengan Domain ccTLD?


Domain ccTLD

Domain ccTLD akan saya pisah menjadi 2 bagian yakni CC dan TLD. 

CC adalah kependekan dari Country Code yang mengidentitaskan sebagai kode dari masing-masing negara. 

Untuk domain Indonesia sendiri yakni memiliki kode berupa .id. 

Seperti contoh namadomain.id, namadomain.co.id, namadomain.my.id dan lain sebagainya. Sedangkan untuk kode negara lain seperti .us merupkan kode negara Amerika, .jp sebagai kode negara jepang dan seterusnya.

Sedangkan TLD seperti yang telah saya tulis di atas yakni Top Level Domain. 

Kesimpulannya, jika kalian menemukan domain yang seperti namadomain.id, namadomain.co.id dan seterusnya, nama domain tersebut merupakan jenis domain TLD yang memiliki kode negara, sehingga dinamakan dengan Domain ccTLD.

Jika kalian melihat nama domain yang tidak memiliki kode negara seperti namadomain.com, .net, .info, .online dan seterusnya, maka hanya dinamakan sebagai domain TLD saja, buka ccTLD.

Singkat saja, sampai di sini sebenarnya sudah bisa membedakan mana yang domain TLD dan mana yang ccTLD.

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Domain TLD dan ccTLD - Singkat dan Jelas"

Posting Komentar

Silakan tulis pesan di kolom komentar dengan bijak. Komentar SPAM, memberikan link tanpa izin Admin, dan tindakan negatif lain tidak akan diterbitkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel