Kenali Lebih Jauh Virus Corona, Mulai dari Penyebab hingga Pencegahannya

Source img: suara.com
Baru – baru ini, hampir di seluruh belahan dunia dihebohkan dengan adanya wabah penyakit baru yang disebabkan oleh 2019 Novel Coronavirus atau yang lebih dikenal dengan virus corona. Virus ini ditemukan pertama kali pada akhir Desember 2019 lalu di kota Wuhan, Cina. Virus ini cukup menghebohkan warga dunia karena dapat menular dengan cepat hingga ke berbagai negara.

Apa itu virus Corona?

Virus Corona masuk dalam keluarga besar virus penyebab infeksi saluran pernafasan atas dengan derajat ringan hingga sedang, mirip seperti flu.


Ada beberapa jenis virus Corona yang telah diidentifikasi, di antaranya Middle East Respiratory Syndrome atau yang juga dikenal dengan istilah MERS – CoV, Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS), dan Pneumonia.

Jenis virus corona yang terbaru, adalah 2019 - nCov atau Novel Coronavirus yang menjadi penyebab wabah di Wuhan, Cina pada bulan Desember lalu, yang kemudian menyebar hingga ke beberapa negara di dunia.

Menurut penelitian, gejala dari infeksi Corona seperti batuk, demam, dan sesak nafas ini muncul dalam 2 hari hingga 2 minggu sejak penderita terkena paparan virus Corona. Disarankan bagi Anda untuk segera datang ke dokter atau fasilitas kesehatan bila Anda menemukan atau mengalami gejala – gejala seperti yang disebutkan di atas, apalagi bila Anda memiliki riwayat baru berpergian ke Cina atau negara lain yang terinfeksi virus ini.

Penyebab Infeksi Coronavirus

Penyebab dari infeksi virus corona ini adalah persebaran virus itu sendiri. Coronavirus dapat menyebar seperti virus – virus lain pada umumnya, yaitu melalui sentuhan tangan (kontak dengan orang yang terinfeksi), percikan air liur pengidap virus yang bisa menyebar melalui batuk atau bersin, hingga melalui feses atau tinja meski hal ini jarang terjadi.


Virus Corona 2019-nCoV ini diduga kuat bersumber dari hewan seperti kelelawar, kucing hingga unta. Awal dari penyebaran virus Corona ini adalah dari hewan ke manusia. Selanjutnya, seperti kasus yang ada di Wuhan, Cina, virus ini dapat menular dan menyebar cepat dengan penularan manusia ke manusia yang semakin menambah daftar orang yang terinfeksi virus ini.

Pengobatan virus Corona

Infeksi virus corona jenis 2019-nCoV ini sampai saat ini belum dapat diobati. Pengobatan yang diberikan biasanya ditujukan untuk meredakan gejalanya, di antaranya: pemberian obat pereda nyeri dan demam, menganjurkan banyak minum air putih, menganjurkan mandi air hangat atau menggunakan pelembab udara (humidifier) untuk meredakan gejala batuk atau sakit tenggorokan.

Pasien – pasien yang diduga terjangkit virus corona ini, biasanya akan diisolasi dan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, seperti pemeriksaan darah, rontgen dada, hingga tes usap tenggorokan untuk meneliti sampel dahaknya.

Pencegahan virus Corona

Lalu apa saja cara yang dapat dilakukan sebagai bentuk pencegahan dari virus Corona ini? berikut adalah beberapa tindakan pencegahan yang dapat Anda lakukan :

1. Menggunakan Masker
Selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan. Masker yang dapat digunakan adalah masker bedah atau pun masker jenis N-95.

2. Mencuci Tangan Secara Rutin
Mencuci tangan secara rutin menggunakan air dan sabun. Anda juga dapat menggunakan hand sanitizer yang memiliki kandungan alkohol. Selalu bersihkan tangan Anda setelah beraktivitas di luar ruangan.

3. Hindari Sementara untuk Bepergian ke Negara Terkait
Hindari sementara untuk bepergian ke Cina atau negara lain yang telah terbukti ditemukan penularan virus Corona. Hal ini penting untuk dipahami, mengingat 2019-nCoV ini dapat menular dan menyebar dengan cepat melalui manusia ke manusia. Sehingga lebih baik bila Anda melakukan tindakan preventif dengan mengurungkan niat bepergian ke negara – negara penularan virus Corona.

4. Menghindari Kontak Dengan Hewan 
Sebisa mungkin menghindari kontak dengan hewan, terutama dengan hewan liar. Bila terjadi kontak, maka Anda disarankan untuk cuci tangan sesegera mungkin.

5. Tutup Mulut dan Hidung Bila Sedang Batuk atau Bersin
Bila sedang batuk atau bersin, tutup mulut dan hidung dengan menggunakan tisu dan langsung dibuang ke tempat sampah, dan segera mencuci tangan setelahnya

6. Jaga Kebersihan Lingkungan
Selalu jaga kebersihan lingkungan dan benda – benda yang berpotensi sering disentuh. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan penyebaran virus 2019 – nCoV.

7. Masak Daging Hingga Matang
Saat memasak daging, pastikan bahwa Anda memasaknya hingga benar – benar matang sebelum dikonsumsi oleh keluarga.

Demikianlah sekilas informasi seputar Virus Corona sebagai bentuk kegiatan menulis Komunitas Blogger Jambi (KBJ) untuk membantu menyebarluaskan informasi terkait virus Corona. Semoga bemanfaat!

2 Komentar untuk "Kenali Lebih Jauh Virus Corona, Mulai dari Penyebab hingga Pencegahannya"

  1. diterbitkan, min. bukan di terbitkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik, terimakasih sudah diingatkan. Semoga bermanfaat😊

      Hapus

Silakan tulis pesan di kolom komentar dengan bijak. Komentar SPAM, memberikan link tanpa izin Admin, dan tindakan negatif lain tidak akan diterbitkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel