5 Penyebab Penyimpanan HP Andorid Cepat Penuh dan penjelasannya

Seringkali bagi kalian pengguna handphone android yang memiliki ruang penyimpanan tidak terlalu besar dalam penggunaannya ruang penyimpanan tersebut akan penuh dengan sendirinya padahal aplikasi yang diinstall tidak banyak. 

Salah satu cara paling mudah bagi kebanyakan para pengguna adalah dengan mencopot pemasangan aplikasi yang tidak digunakan atau menghapus data file yang ada di file manager ataupun digaleri. Akan tetapi cara tersebut belum sepenuhnya berhasil. Lalu akan kah kalian sebagai pengguna hp android bertahan dengan kondisi tersebut?






Tentu saja tidak, kalian dapat mengatasinya dengan cara lain yang dipastikan sangat membantu sekali dalam permasalahan tersebut. Akan tetapi perlu kalian kenali dulu penyebabnya kenapa ruang penyimpanan penuh padahal aplikasi tidak terlalu banyak dan selanjutnya dapat dicari solusinya.

1.Aplikasi yang menggunakan penyimpanan internal untuk menyimpan dan mengelola datanya terlalu banyak menggunakan kapasitas memori

Tau kah kamu, saat kalian mendownload aplikasi di Playstore kalian dapat melihat jumlah besarnya aplikasi tersebut sebelum aplikasi tersebut kalian install. Nah mungkin disini kalian hanya tau dari jumlahnya saja, akan tetapi aplikasi yang sudah terinstall tersebut besar datanya yang digunakan pada penyimpanan bisa jadi lebih besar dari sebelumnya. Itu disebabkan karena aplikasi tersebut membutuhkan semua resource (akses RAM, data dari proses akses internet, akses perangkat kamera audio ataupun GPS, akses database internal, dll) dari perangkat yang dibutuhkan sehingga perlu ruang penyimpanan tambahan pada aplikasi tersebut untuk mengelola sistem yang digunakan sehingga aplikasi dapat bekerja. Semakin bagus aplikasi tersebut secara fiturnya semakin besar pula kebutuhan memori yang digunakan.

Selain itu dalam penggunaannya, selama aplikasi yang ada digunakan maka akan menyimpan data-data dari proses aplikasi tersebut yang menghasilkan data yang biasa di sebut Cache. Cache tersebut berfungsi ketika kalian membuka aplikasi yang sama di waktu yang berbeda, nantinya aplikasi yang digunakan sebagian data yang di tampilkan akan mengambil dari data cache yang tersimpan sebelumnya. Jadi apabila kalian membuka dan menutup aplikasi tersebut pasti sesuai dengan terakhir kalian buka. 


2.Data file dari aplikasi media sosial

Aplikasi media sosial merupakan aplikasi yang wajib ada setelah Game bagi para pengguna handphone android. Dari aplikasi tersebut kalian sering membagikan foto, audio, video, dokumen dan lain sebagainya yang dari perangkat Android kalian gunakan. Dari file-file tersebut sering kali kalian mengabaikanya dan tetap ada dipenyimpanan padahal belum tentu file tersebut kalian gunakan atau tidak inginan disimpan. File-file yang dihasilkan dari aplikasi media sosial tersebut lama kelamaan akan menumpuk dan mengakibatkan memori jadi penuh. 

3. Update aplikasi yang terus menerus dari Google Playstore

Disaat kalian menginstall aplikasi melalui Google Playstore seringkali kalian menjumpai munculnya notifikasi penyimpanan tidak cukup untuk melakukan install maupun update dari aplikasi yang ada di Google Playstore tersebut padahal saat kalian mengecek penyimpanan di file manager atau pada Setting HP Android penyimpanan setidaknya cukup untuk menginstall ataupun update aplikasi. Playstore akan memberi pilihan untuk mencopot salah satu aplikasi yang ada di perangkat HP android kalian sebagai salahsatu cara untuk dapat melakukan proses install maupun update. Benar saja hal tersebut dapat mengatasi masalah yang ada akan tetapi tidak selamanya cara ini menjamin apalagi kalau ini dilakukan secara berulangkali. 

Perlu diketahui memori internal itu dibagi menjadi dua yaitu untuk sistem dan untuk file. Sehingga tidak akan ada kecocokan dan hubungan antara memori internal yang ada di Play Store dengan yang ada di File Manager atau penyimpanan. 

4.Menyimpan data foto atau video dari hasil pengambilan kamera handphone

Sering kalaian abaikan hasil foto ataupun video yang kalian ambil sekali jepret bisa kurang lebih 5MB, kalau dilakukan terus menerus tanpa ada proses penghapusan data yang tidak terpakai maka memori internal android bisa cepat penuh.  Hal inilah yang kadang kurang disadari oleh pengguna HP Android yang dapat mengakibatkan ruang penyimpanan penuh padahal aplikasi yang terinstall masih dalam cakupan wajar. Maka dari itu Bagi para pengguna untuk dilakukan solusi agar permasalahan tersebut dapat diatasi.

5.File yang tersisa dari aplikasi

Setelah kalian mencopot aplikasi yang ada di HP android pernahkah kalian mengecek di file manager untuk melihat apakah semua folder penyimpanan aplikasi yang kalian copot tadi benar-benar sudah terhapus semuanya? Yap. Ada beberapa aplikasi dimana aplikasi tersebut apabila dicopot dari file yang ada tidak semua secara otomatis ikut terhapus. Maka dari itu perlu kalian cermati bahwa setelah kalian mencopot suatu aplikasi perlu kalian lihat untuk mengecek di file manager agar file yang sudah tidak berguna tersebut untuk dihapus agar tidak menumpuk yang mengakibatkan ruang penyimpanan dapat penuh tanpa kalian sadari itu.

baca juga: Cara mengatasi memori hp yang mudah penuh

Nah itulah hal yang perlu dilakukan apabila ruang penyimpanan penuh padahal aplikasi yang terinstall tidak banyak yang sering terjadi pada pengguna HP android. Terimkasih semua semoga dapat membantu dari permasalahan yang kalian alami.






0 Response to "5 Penyebab Penyimpanan HP Andorid Cepat Penuh dan penjelasannya"

Post a Comment

Silakan tulis pesan di kolom komentar dengan bijak. Komentar SPAM, memberikan link tanpa izin Admin, dan tindakan negatif lain tidak akan diterbitkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel