Tips agar baterai HP Android tahan lama

Kalian pasti kesal saat bermain game atau aplikasi lain di HP Android sedang asyik-asyiknya baterai tiba-tiba habis. Apalagi apabila kalau lupa membawa power bank.


Benar saja, aplikasi dan game di HP Android memang menuntut kebutuhan sumber daya semakin besar dari biasanya. Dan untuk mendukungnya pada pengembangan HP Android saat ini sudah ditingkatkannya dengan adanya chipset yang lebih cepat dan RAM yang lebih besar.

Akan tetapi komponen baterai yang ada tidak mendapatkan peningkatan yang baik seperti komponen penting lainnya. Oleh karenanya baterai menjadi cepat terkuras habis hingga menjadi semakin boros.

Solusi umumnya agar baterai HP Android tahan lama pasti saat membeli HP Baru lebih mencari Kapasitas baterai yang besar dan sekarang ini ada model baterai berjenis non-removable atau sering disebut baterai tanam. Dan lain lagi produk terbaru dengan baterai berkapasitas besar mulai dari 3000 mAh ke atas juga biasa terdapat pada HP Android berjenis model baterai ini. Kamudian ada sejumlah perangkat handphone Android telah mendukung fitur fast charging atau pengisian cepat.

Akan tetapi tau kah beberapa dari kalian dari semua itu pada intinya hanya kapasitas baterainya saja yang dibuat lebih besar. Sehingga terasa lebih awet, dan sebenarnya daya konsumsi baterainya sama saja boros.

Berikut ini yang bisa kalian lakukan dengan beberapa Tips agar baterai HP Android tahan lama:

1. Menjaga Siklus Pengisian Daya HP Android

Ada beberapa orang beranggapan kalau baterai HP tidak boleh dicas selama semalaman.

Hal ini sudah tidak berlaku lagi sebab HP Android sekarang sudah memiliki sistem yang akan menghentikan daya listrik setelah baterai terisi penuh.

Siklus yang dianjurkan untuk mengisi daya HP Android adalah dengan melakukan isi ulang baterai HP Android saat baterainya tinggal 40% dan mencabutnya saat sudah terisi berkisar 80%.

Hal ini bertujuan untuk menjaga siklus baterai apalagi sekarang ini sudah banyak HP Android yang telah dilengkapi dengan model fast charging sehingga baterai HP Android tahan lama.

2. Mengatur Kecerahan Layar HP

Dalam pengaturan kecerahan layar HP, terdapat fitur auto-brightness dimana kecerahan layer akan otomatis tinggi atau rendah tergantung kondis HP saat digunakan. Akan tetapi tingkat kecerahan yang ada malah membuat layar HP terlalu terang.

Alangkah baiknya pilih pengaturan tingkat kecerahan layar dengan manual bedasarkan tingkat kenyamanan yang diinginkan. Selain membuat penglihatan ke layer HP menjadi lebih nyaman, pengaturan kecerahan dengan manual juga dapat menghemat daya baterai dan agar baterai HP Android tahan lama.

3. Matikan GPS atau lokasi saat tidak digunakan

Dalam penggunaan GPS pada HP Android ternyata cukup menguras baterai. Oleh karena itu kalau kalian memang tidak sedang menggunakannya lebih baik dimatikan saja.

Apabila kalian memang memakainya setiap waktu akan tetapi yang kalian butuhkan hanya beberapa aplikasi saja yang digunakan untuk mengakses GPS ini, maka coba dengan cara lain yaitu mematikan izin lokasi untuk aplikasi lain yang tidak digunakan sepanjang waktu.

Dengan tips ini, kalian secara tidak langsung menutup beberapa aplikasi tersebut untuk menggunakan lokasi di latar belakang. Dengan cara ini secara signifikan agar baterai HP Android tahan lama.

4. Matikan mode Getaran dan Suara Papan Tombol

Adanya fitur getaran pada HP Android dapat membuat baterai cepat habis. Komponen berupa Motor elektrik yang ada untuk menggetarkan ponsel itu membutuhkan daya yang cukup besar.

Tak perlu dipungkiri, ada kalanya fitur getaran pada HP kadang memang diperlukan. Maka dari tu aktifkan hanya pada saat mode silent ataupun mode sunyi saja agar baterai HP Android tahan lama.

Selain itu, suara pada papan tombol yang diaktifkan sebaiknya di matikan saja. Suara papan tombol tersebut secara default menyala dipapan ketik dial dan dikeyboard.

5. Jangan Biarkan HP Android memanas atau Overheat

Cara selanjutnya adalah dengan mencegah jangan sampai HP Android menjadi terlalu panas atau dapat dikatakan overheat.

HP Android menjadi overheat apabila dipakai terus menerus terutama jika dipakai untuk bermain game dengan grafis HD misalkan Mobile Legend atau PUBG Mobile.

Agar tidak terjadi overheat, coba penggunanya dilakukan secara bijak, contohnya menggunakan fitur kamera hanya saat perlu saja, dan mematikan aplikasi yang tidak perlu dari latar belakang agar baterai HP Android tahan lama.

6. Matikan Aplikasi Bawaan dari Google

Bagi Kalian yang suka aplikasi Google bawaan seperti Google Voice pastinya akan mempercepat habisnya daya baterai HP Kalian. Meski praktis dan lebih cepat dengan menggunakan perintah suara untuk browsing internet, namun aplikasi tersebut mengakibatkan baterai lebih cepat habis dibandingkan dengan browsing internet dengan cara biasa.

Maka dari itu untuk menghemat baterai, lebih baik Kalian menon-aktifkan beberapa aplikasi Google bawaan dengan cara dipengaturan pada setting HP Android Kalian.

7. Mengatur sinkronisasi

Pengaktifan Notifikasi memang sangatlah penting, akan tetapi apabila Kalian merasa notifikasi yang selalu muncul itu mengganggu maka sebaiknya untuk dionaktifkan. Hal ini kemungkinan membuat aktivitas seperti melihat pemberitahuan baru tidak diketahui dan konten baru yang masuk harus dilakukan secara manual. Tetapi disisilain, dengan ini menguntungkan sebab dapat menghemat daya baterai HP Android Kalian.

Sistem Sinkronisasi yang aktif menjadikan aplikasi terus berjalan di latar belakang, dan lama kelamaan akan menguras daya baterai. Untuk melakukan nonaktif sinkronisasi, dapat dibuka dipengaturan kemudian pilih Akun lalu nonaktifkan di bagian paling bawah yakni Otomatis sinkronkan data.

9. Jangan Menggunakan Antivirus

HP Android tanpa adanya antivirus sebenarnya sudah aman dan tidak diperlukan aplikasi tersebut. Oleh karena itu apabila menginstall aplikasi antivirus akan menyia-nyiakan HP Android kalian karena pastinya aplikasi tersebut berjalan terus menerus di latar belakang.

10. Kurangi Aplikasi Yang Berjalan di Latar Belakang

Saat HP Android kalian gunakan terasa lemot dan boros daya baterainya, kemungkinan hal itu dikarenakan banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Aplikasi tersebut seperti Whatsapp, Instagram, Twitter, Facebook, Line, Wechat, Batery Saver, antivirus dan lain sebagainya.

Bijaklah dalam pemakaian aplikasi HP Android kalian apabila kalian sering menggunakan aplikasi berupa sosial media maka pilihlah yang penting dan yang sering digunakan saja agar baterai HP Android tahan lama.


Itulah beberapa Tips agar baterai HP Android tahan lama. Semoga dengan Tips tersebut membantu kalian dalam permasalahan borosnya penggunaan daya HP Android yang kalian pakai.


0 Response to "Tips agar baterai HP Android tahan lama"

Post a Comment

Silakan tulis pesan di kolom komentar dengan bijak. Komentar SPAM, memberikan link tanpa izin Admin, dan tindakan negatif lain tidak akan diterbitkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel