7 Aplikasi HP Android Terbaik untuk Work From Home

Saat ini di tengah maraknya wabah Corona yakni Covid-19 yang menjadi pandemik di seluruh dunia, pemerintah khususnya indonesia mengeluarkan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) sebagai strategi mengatasi wabah COVID-19, yaitu penerapan social distancing atau physical distancing yang disertai penegakan hukum. Sehingga pemerintah mengimbau untuk perusahaan mengeluarkan kebijakan Work From Home (WFH) atau bekerja dari rumah. Hal ini bertujuan untuk memutus rantai penularan virus Covid-19 dengan mencegah interaksi sosial secara langsung.

Work From Home (WFH) telah mengubah kebiasaan orang dalam bekerja. Bagi yang sebelumnya tinggal datang ke kantor saja, namun sekarang harus memerlukan banyak bantuan untuk tetap dapat bekerja seperti biasanya karena bekerja dari rumah.

Untuk perusahaan Startup, Media Digital, atau Industri Kreatif lainnya, bekerja secara WFH bukanlah hal yang asing. Tentunyas bagi beberapa orang yang bekerja dari rumah sudah menjadi aktivitas yang biasa. Namun, bagi perusahaan lainnya yang sangat membutuhkan kehadiran karyawan, tentu belum siap untuk berpindah sistem kerjanya dengan bertatap muka langsung menjadi komunikasi jarak jauh.

Maka dari itu diperlukan bantuan untuk melaksanakan WFH dengan lancar yaitu dengan menggunakan teknologi yang ada yakni HP Android. Sudah banyak aplikasi HP Android menjadi salah satu sarana terbaik buat pendukung WFH untuk membantu bekerja secara jarak jauh.

Berikut ini 7 aplikasi yang bisa menunjang aktivitas work from home supaya lebih produktif baik ketika terjadi pandemi virus Covid-19 ataupun saat dibutuhkan di hari-hari biasa. 

1. Aplikasi Zoom

Pandemi virus Covid-19 membuat banyak perusahaan menerapkan WFH kepada karyawannya khususnya untuk keperluan bertemu tatap langsung. Dari dari rumah masing-masing para karyawan harus dapat membuat ruang diskusi yang kadang jumlah anggotanya sangat banyak. Hal ini tentunya membutuhkan teknologi yang cukup canggih karena tidak semua penyedia teknologi yakni aplikasi dapat memberikan fitur bertatap muka secara online dengan jumlah pengguna yang banyak dalam satu lingkup yang sama.

Dari banyaknya penyedia layanan video streaming untuk bertatap muka secara langsung ada salahsatu penyedia layanan yang mampu dengan pengguna jumlah yang banyak adalah aplikasi Zoom.

Aplikasi Zoom adalah sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk menggelar video conference. Aplikasi ini sangat cocok untuk perusahaan yang ingin melakukan kerja dari rumah karena jumlah maksimal pengguna dapat mencapai 1,000 orang dan 49 video di waktu yang sama. Aplikasi yang satu ini bisa digunakan melalui HP Android atau desktop PC dan dapat dinikmati secara gratis.

Keunggulannya adalah fitur video dan audio kualitas HD. Selain itu, fitur unik dari aplikasi ini adalah bisa mengganti background ketika melakukan video conference dan juga bisa berbagi layar dengan orang lain secara real-time apabila ingin melakukan presentasi.

Aplikasi ini gratis untuk versi Basic, namun untuk menikmati fitur lainnya dapat berlangganan dengan harga mulai dari $14.99/bulan. Untuk menggunakannya cukup akses Zoom via Link berikut ini: https://zoom.us/

2. Aplikasi Trello

Dalam menjalankan pekerjaan apalagi pekerjaan tersebut butuh untuk dilakukan pengawasan tidak hanya hasil akhir saja yang dilihat akan tetapi juga prosesnya maka dengan pengawasan langsung adalah hal yang penting. Namun dengan adanya kebijakan WFH maka hal tersebut tentu tidak dapat dilakukan maka butuh sebuah teknologi yang dapat membantu dalam permasalahan tersebut.

Jawabanya adalah dengan aplikasi yaitu aplikasi Trello. Aplikasi Trello adalah aplikasi kolaborasi yang memudahkan pekerjaan tim dalam menyelesaikan tugas. Pola alur penggunaannya sangat jelas dan memudahkan untuk para pekerja. Sangat berguna untuk pekerja dengan sistem kerja WFH karena secara real-time pengerjaannya dapat dilihat langsung melalui aplikasi ini.

Trello memberikan kemudahan dalam pekerjaan dimana berguna untuk mengetahui pekerjaan apa yang sedang dikerjakan, siapa yang mengerjakannya, hingga sejauh mana pekerjaan berjalan. Semua dengan tampilan yang simpel dan mudah dipahami.

Salah satu manfaat dari Trello adalah fleksibilitasnya dalam menghubungkan sebuah tim untuk menyelesaikan masalah bersama-sama. Pola alur penggunaannya pun cukup jelas dan menyenangkan, yakni terdiri dari board, list dan card.

Aplikasi ini gratis untuk versi biasa, banyak fitur yang tetap user friendly, dapat diakses di berbagai perangkat. Untuk dapat menggunakannya dapat dengan mengunjungi situs resmi trello.com untuk informasi lebih lanjut.

3. Aplikasi Slack

Dalam menjalankan pekerjaan dengan sistem WFH pasti media komunikasi sangat dibutuhkan. Apabila menggunakan media komunikasi yang sudah biasa untuk digunakan dikehidupan sosial kemungkinan fitur yang dihadirkan belum sepenuhnya sesuai dengan kebutuhan. Maka dari itu butuh aplikasi untuk berkomunikasi yang fiturnya sesuai dengan dasar kebutuhan dalam dunia pekerjaan.

Aplikasi Slack adalah yang dapat membantu untuk itu. Aplikasi Slack ini telah lama dikenal sebagai aplikasi partner untuk para pekerja lepas atau freelancer. Namun sekarang sudah banyak perusahaan menggunakan aplikasi ini.

Kinerja dan fitur aplikasi Slack ini sangat bagus untuk mendukung aktivitas work from home, terutama bagi pekerja di bidang IT. Keunggulan yang akan didapatkan adalah kemudahan integrasinya yang dapat terkoneksi langsung dengan Google Drive, Google Calendar, Dropbox, Google Docs, dan lain sebagainya.

Aplikasi Slack ini sebagai aplikasi media komunikasi tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi dengan satu orang saja, akan tetapi juga untuk berbagai orang sekaligus dalam satu grup. Dengan kata lain, dapat melakukan untuk membuat grup untuk satu divisi, grup satu project sekalipun.

Aplikasi ini memberikan kemudahan karena terdapat banyak fitur yang terintegrasi dengan Slack seperti Dropbox, Google Docs, dan sebagainya.

Aplikasi ini gratis untuk fitur standar nya, akan tetapi untuk fitur yang jauh lebih banyak juga dapat menggunakannya versi berbayar dengan berlangganan mulai dari $6.67/bulan. Untuk mencobanya dapat mengakses Slack via Link berikut ini: https://slack.com/intl/en-id/

4. Aplikasi Google Drive

Dalam mengerjakan pekerjaan secara WFH pasti ruang penyimpanan data dimana dta tersebut dapat diakses oleh pekerja lain yang sudah memiliki hak akses. Apabila menggunakan data penyimpanan pada Laptop atau PC sendiri akan kerepotan dalam halam sharing karena file harus dikirim terlebih dahulu.

Dengan aplikasi Google Drive maka hal tersebut dapat teratasi. Aplikasi Google Drive memberikan layanan penyimpanan berbasis cloud milik Google ini dapat digunakan untuk untuk berbagi data antar sesama pekerja cukup dengan berbekal HP Android, laptop, dan jaringan internet. Selain itu layanan ini gratis untuk penggunaan dengan besar penyimpanan sebesar 15GB. Jumlah yang lebih dari cukup untuk sekedar berbagi file pekerjaan kecil dengan rekan.

Untuk berbagi file dapat langsung menggunakan layanan email dari google yakni Gmail karena integrasinya dengan Gmail dan layanan Google lainnya. Selain terkoneksi dengan Gmail, dengan Google Drive dapat melakukan pengeditan dokumen dan lainnya langsung di Google Drive secara real-time dengan banyak pengguna.

Bagi para pekerja terutama dibidang desain grafis, manajemen pengolah data, hingga bagian administrasi sangat diuntungkan dengan aplikasi ini karena dapat dengan mudah mengatur laporan harian secara jarak jauh dari rumah. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi situs resmi https://www.google.com/drive/

5. Aplikasi Clockify

Work from home pastinya mengubah pola kerja bagi para pekerja dengan sistem kerja tersebut. Dengan urusan waktu dan pekeerjaan yang dikerjakan pasti akan berbeda karena bekerja dirumah pasti lebih banyak tantangannya seperti rasa kantuk akan suasana rumah atau sebagainya. Belum lagi dengan waktu yang ada karena dirumah sudah terbiasa santai biasanya dapat membuat pekerjaan jadi telat dalam pengerjaannya.

Maka dari itu butuh bantuan berupa teknologi yang dapat membantu dalam memenejemen waktu. Yaitu dengan Aplikasi Clockify.

Clockify adalah aplikasi yang berguna untuk memperbaiki manajemen waktu. Dengan aplikasi ini, dapat melakukan pelacakan dalam menghitung berapa lama waktu yang dihabiskan untuk mengerjakan dari berbagai kegiatan. Sehingga dapat mengetahui kegiatan mana yang produktif dan mana yang hanya membuang waktu.

Selain itu dengan aplikasi ini juga dapat mengundang anggota tim lain untuk ikut menggunakan Clockify. Sehingga dapat mengetahui apa kegiatan masing-masing anggota tim dan berapa lama mereka melakukannya.

Aplikasi ini Gratis untuk digunakan, dan fitur unggulannya adalah dapat melacak waktu saat melakukan suatu kegiatan, analisis laporan dengan visual yang mudah untuk dimengerti dan mengundang anggota tim sehingga tahu kegiatan mereka.

6. Aplikasi Basecamp

Bekerja diluar kantor atau WFH pastinya akan mempengaruhi aktivitas kerja dan juga berpengaruh pada menejemen kerja pada project yang dikerjakan. Dengan tidak dapat bertemunya langsung dengan para pekerja pastinya akan menyulitkan dalam hal tersebut.

Dengan aplikasi Basecamp lah dapat membantu untuk permasalahan tersebut.

Aplikasi Basecamp adalah aplikasi yang mampu memberikan kemudahan untuk untuk mengatur urusan pekerjaan. Dengan aplikasi Basecamp dapat melakukan komunikasi secara real time untuk membantu satu tim atau divisi dalam mengerti pekerjaan yang harus dilakukan. Jadi bukan hanya memberikan tugas lalu ditinggalkan begitu saja.

Aplikasi Basecamp memiliki tampilan yang modern, dan sangat cocok digunakan oleh siapapun. Baik perusahaan dengan project kecil, atau perusahaan yang memiliki project skala besar.

Untuk penggunaan sebagai menejemen project dengan aplikasi Basecamp ini, penggunanya dapat melakukan berbagai macam fitur yakni memberikan to-do-lists, deadline, kalender pekerjaan, hingga melakukan file sharing antar pekerja. Selain itu juga dapat membuat jadwal pekerjaan untuk beberapa orang sekaligus. Dengan fitur ini, maka semua pengguna yang ada di dalamnya dapat mengetahui apa yang harus dikerjakan.

Untuk monitoring dalam penyelesaian pekerjaan dapat dilihat dengan fiturnya yaitu disaat pekerjaan sudah selesai, pihak yang ditugaskan dapat memberikan tanda centang yang berarti pekerjaan tersebut telah selesai. Sehingga membuat pihak yang memberikan tugas akan mengetahui apa saja pekerjaan yang telah diselesaikan.

Di aplikasi Basecamp ini, para penggunanya dapat memberikan komentar, brief, dan segala bentuk teks untuk mempermudah penjelasan tentang pekerjaan yang dikerjakan.

Pengguna dapat menggunakan aplikasi ini secara geratis dengan Trial 30 hari. Setelah itu harus berlangganan dengan biaya $99/bulan untuk Basecamp Business.

7. Aplikasi Evernote

Dan yang terakhir ini pastinya sangat dibutuhkan dalam bekerja secara WFH apalagi dengan urusan catat mencatat. Tentunya peralatan tulis dirumah tidak selelngkap dengan yang ada dikantor maka sari itu perlu sebuah aplikasi pengganti dari hal-hal yang dikerjakan secara manual dengan teknolgi yang praktis.

Dengan aplikasi Evernote adalah aplikasi untuk work from home terbaik perkara tulis menulis

Aplikasi Evernote adalah aplikasi yang dapat digunakan sebagai media membuat catatan yang mampu menyimpan catatan tersebut ke dalam berbagai format, seperti Office dan PDF. Selain itu juga dapat menyimpan foto. Aplikasi ini gratis digunakan untuk versi yang Basic.

Catatan yang dapat disimpan tidak hanya berbentuk tulisan yang diketik saja akan tetapi juga dapat mencatat dalam bentuk gambar, rekaman suara ataupun tulisan tangan sekalipun. Semuanya tersimpan rapi di Evernote dan dapat diakses oleh banyak pengguan  dari mana saja selama ada koneksi internet.

Selain itu, Evernote bisa dijadikan sebagai reminder segala aktivitas dalam bekerja. Semua informasi yang telah dibuat juga dapat disinkronkan dengan kalender didalam HP Android. Kelebihan lainnya adalah memiliki kemampuan untuk mengembalikan data-data yang hilang. Cukup memilihnya pada menu trash.

 

Itulah 7 Aplikasi HP Android Terbaik untuk Work From Home yang dapat dicoba yang tentunya sangat bermanfaat. Semoga dengan artikel ini dapat membantu para pengguna HP Android khususnya para pekerja yang bekerja secara WFH.

Terimaksih.

0 Response to "7 Aplikasi HP Android Terbaik untuk Work From Home"

Post a Comment

Silakan tulis pesan di kolom komentar dengan bijak. Komentar SPAM, memberikan link tanpa izin Admin, dan tindakan negatif lain tidak akan diterbitkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel