Penyebab Hp Android Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

Banyak dari pengguna HP Android sebenarnya tidak terlalu memahami kondisi HPnya dan banyak pula permasalahan yang sering dialami mengenai HP yang digunakan.

Salah satu permasalahan yang paling sering dialami oleh para pengguna HP Android adalah kondisi panas yang berlebih atau overheat.

Panas berlebih atau Overheat pada HP Android yaitu suatu kondisi di mana perangkat HP Android mengeluarkan panas yang berlebih sehingga bisa terasa panas saat digenggam.

Panas dalam suatu perangkat HP Android sebenarnya hal yang sangat wajar. Sebab panas yang muncul ini merupakan salah satu bentuk energi yang dilepas sebagai konsekuensi dari energi yang disalurkan dari baterai untuk menghidupkan perangkat HP Android.

Meskipun menjadi hal yang wajar, jika dibiarkan terus menerus dapat menyebabkan HP Android menjadi blank atau hang bahkan dapat lebih parah lagi yaitu dapat meledak.

Bahkan terkadang ketika hp cepat panas akan menyebabkan mulai menurunnya kualitas daya baterai. Tidak heran banyak pengguna HP Android berupaya mencari tahu penyebab hp menjadi cepat panas dan cara mengatasinya.

Dengan memilih hp keluaran terbarupun belum menjamin bahwa hp tersebut tidak mudah panas. Hal ini bergantung pada cara penggunaannya. Hp yang mengalami kondisi overheat atau panas akan menyebabkan baterai cepat habis.

Maka dari itu perlu diketahui untuk penyebab hp android cepat panas dan cara mengatasinya seperti berikut ini.

 

1. Bermain Aplikasi Game Terlalu Berlebihan

Bagi pengguna HP Android saat bermain game pastinya dalam perangkat yang digunakan, beberapa komponennya seperti CPU, GPU, dan RAM yang bekerja lebih besar dibandingkan ketika membuka aplikasi lainnya. Hal inilah yang mengakibatkan penyebab hp android cepat panas

Benar saja apabila hanya beberapa menit dipakai tidak akan begitu terasa peningkatan panasnya. Tetapi apabila sudah memainkannya selama sejam atau lebih, pastinya baru akan terasa panas yang merambat di seluruh permukaan perangkat HP Android.

Maka dari itu cara mengatasinya adalah dengan menggunakan HP Android untuk bermain game agar tidak berlebihan. Pastikan untuk memberi waktu rehat setelah menggunakannya agar HP Android dapat turun suhunya.

 

2. Penggunaan HP Android dengan Multitasking Aplikasi

Selain bermain game, salah satu alasan penyebab HP Android menjadi cepat panas adalah menjalankan beberapa aplikasi terlalu banyak di saat bersamaan terutama yang membutuhkan koneksi internet.

Kegiatan ini disebut dengan Multitasking. Multitasking merupakan salah satu penyebab hp android cepat panas.

Tanpa disadari, sebenarnya pengguna HP Android saat membuka aplikasi dengan jumlah yang banyak secara bersamaan, kemudian menutup aplikasi hanya dengan menggunakan tombol home.

Sebagai informasi untuk perbandingan penggunaan HP Android dalam bermain game yang mengakibatkan panas berlebih adalah karena penggunaanya memberikan beban lebih besar pada GPU, akan tetapi untuk penggunaan dalam multitasking akan memberikan beban kerja yang lebih besar pada CPU sehingga mengakibatkan panas berlebih.

Cara mengatasinya adalah apabila pengguna HP Android setelah menggunakan aplikasi, maka tekan pada bagian berbentuk kotak, untuk membuka aplikasi yang masih berjalan, kemudian menutupnya.

 

3. Penggunaan Hp Android Saat Sedang diisi Daya Baterainya

Kebiasaan buruk bagi para pengguna HP Android yang seringkali dilakukan adalah pada saat mengisi daya baterai HP Android tetap digunakan. Baik digunakan untuk bermain game ataupun aplikasi lainnya.

Perlu diketahui saat HP Android sedang di isi dayanya, baterai terus menerus menerima daya listrik lalu komponen seperti CPU juga akan terus menarik listrik dari baterai tersebut. Kondisi seperti ini mengakibatkan baik CPU dan baterai akan mengeluarkan panas yang lama-kelamaan akan menumpuk dan menjadi penyebab hp android cepat panas.

Selain itu hal tersebut juga dapat menimbulkan kejadian yang berbahaya. Yakni dapat menjadikan baterai cepat habis serta sangat memungkinkan bisa meledak.

Maka dari itu cara mengatasinya adalah dengan mengisi daya sebelum baterai habis sekaligus. Batasi baterai berkurang dengan kapasitas sekitar 30-20% lalu lakukan pengisian daya agar pengisiannya tidak memakan waktu yang lama untuk penuh dan tidak perlu terlalu penuh juga. Sehingga dapat dihindari untuk penggunaan HP Android bersamaan dengan pengisian karena HP Android dapat penuh tanpa menunggu waktu yang lama.

 

4. Digunakan Pada Cuaca atau Suhu Udara yang Panas

Faktor lingkungan seperti cuaca dan suhu udara dapat menjadi penyebab hp android cepat panas. Apabila HP Android digunakan pada suhu udara yang panas maka suhu HP pun akan mengikuti suhu yang ada dilingkungan tersebut. Selain itu baterai juga akan cepat habis dan dapat mengakibatkan komponen yang ada di dalam HP cepat rusak.

Untuk cara mengatasinya, saat sedang menggunakan hp sebaiknya hindari kontak langsung dengan sinar matahari. Selain itu paparan sinar matahari secara langsung dapat merusak layar sentuh pada hp Android. Untuk itu, hindari paparan sinar matahari secara langsung.

 

5. Baterai HP Android yang Bermasalah

Sebelum menyimpulkan HP Android menjadi cepat panas perlu diketahui untuk para pengguna mencari tau dahulu penyebabnya. Apabila secara penggunaan para pengguna merasa normal dalam penggunaannya akan tetapi masih saja HP Android cepat panas maka perlu dicek Kembali.

Untuk itu, cobalah mengecek dengan cara meraba pada bagian body HP kemudian cari bagian mana yang terasa panas. Dengan begitu pastinya dapat mengetahui bagian mana penyebab hp android cepat panas.

Apabila panas berasal dari belakang HP, maka kemungkinan baterainya mengalami permasalahan. Baterai tersebut bisa jadi fungsinya sudah menurun atau mengalami kerusakan yang mengakibatkan lebih mudah panas bila dibandingkan dengan baterai baru.

Oleh karena itu, cara mengatasinya dengan membelikan baterai yang baru dan memasangnya. Perlu diingat dalam penggantian baterai yang baru untuk dilihat daya dan voltnya sesuai dengan HP Android yang dimiliki agar tidak salah penggunaanya. Selain itu keaslian baterai juga mempengaruhi kualitas baterai yang tentunya pengaruh juga dalam munculnya suhu panas yang dihasilkan.

 

6. Charger HP Android yang Bermasalah

Selain baterai kemungkinan penggunaan Charger HP Android tidak kompitabel dengan perangkat yang dimiliki menjadi penyebab hp android cepat panas. Bila bagian HP dekat port charger mudah panas, kemungkinan penyebabnya karena permasalahan pada charger.

Charger yang dipakai untuk menyuplai daya lebih tinggi atau lebih rendah dari kebutuhan HP Android sehingga HP Android cepat panas. Pada HP Android arus tegangan yang diterima tidak sesuai dengan kapasitas baterai yang dimiliki, sehingga baterai akan cepat terisi penuh untuk arus yang terlalu besar dan lama penuhnya untuk arus yang lebih kecil.

Selain itu komponen yang ada sudah memiliki besaran daya yang dibutuhkan dalam setiap waktu pemrosesan. Apabila daya yang masuk dari charger melebihi atau kurang dari apa yang dibutuhkan maka komponen yang ada akan bekerja tidak normal dan akhirnya mengakibatkan panas yang dikeluarkan akan melebihi dari biasanya.

Untuk itu cara mengatasinya, HP Android yang dimiliki harus diganti chargernya dengan charger yang asli atau outputnya disesuaikan dengan kebutuhannya.

 

7. Sinyal Provider yang Tidak Stabil

Bagi para pengguna HP Android tentunya sering mengalami susah sinyal atau sinyal dari provider yang dimiliki naik turun tingkatannya.

Pada saat kondisi ini, maka akan memungkinkan HP Android bekerja lebih dari biasanya untuk mencari sinyal secara terus menerus hingga mendapatkan sinyal yang cukup sehingga menjadikan penyebab hp android cepat panas.

Untuk cara mengatasinya karena tidak stabil sinyal yang dimiliki, maka dapat menggunakan Wi-Fi untuk mendapatkan akses internet. Selain itu apabila memang sering berada di tempat yang ketersediaan sinyalnya susah pada provider tertentu padahal penggunaannya sangat lah penting, maka dapat memilih provider yang menyediakan sinyal yang kuat walaupun ditempat yang sulit dijangkau.

Para pengguna HP Android yang memang jarang berada di tempat yang susah sinyal juga bisa menerapkan Airplane mode atau mematikan data internet pada hp jika tidak diperlukan juga dapat membantu agar HP yang dimiliki tidak cepat panas.

 

8. Penggunaan Aplikasi Streaming yang Terlalu Lama

Banyak pengguna HP Android menikmati layanan Streaming seperti menonton film, pertandingan sepak bola, dan lain sebagainya. Akan tetapi hal tersebut membutuhkan koneksi internet serta daya yang besar karena HP Android akan standby on selama Streaming yang sedang dinikmati selesai, sehingga menjadi penyebab hp android cepat panas.

Akses internet, layar HP, Audio dan proses sistem Aplikasi yang dibekerja terus menerus akan menghabiskan daya baterai. Baterai yang cepat terkuras sekaligus akan memudahkan HP Android mudah panas.

Dengan tidak menggunakan layanan streaming pastinya akan membuat para pecinta layanan streaming kecewa karena tidak bisa mendapatkannya hanya karena ingin menghindari cepat panasnya HP Android yang dimiliki.

Oleh karena itu, cara mudah mengatasi hal tersebut tanpa harus menghentikan penggunan layanan streaming adalah dengan menggunakan layanan streaming dengan kondisi sinyal yang stabil, daya yang masih cukup, penggunaan HP Android diruangan yang tidak panas dan tidak sedang mengisi daya baterai. Sehingga panas yang akan keluar juga tidak sebesar jika dapat mengkondisikannya dengan baik.

 

Itu lah penyebab dan cara serta informasi penyebab HP Android cepat panas dan cara mengatasi nya. Semoga bagi para pengguna HP Android dapat mengetahui permaslaah yang terkait penyebab hp android cepat panas dan cara mengatasinya.

0 Response to "Penyebab Hp Android Cepat Panas dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment

Silakan tulis pesan di kolom komentar dengan bijak. Komentar SPAM, memberikan link tanpa izin Admin, dan tindakan negatif lain tidak akan diterbitkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel