7 Aplikasi HP Android untuk Guru Mudah Mengajar Di Masa Pandemi Corona

Di tengah pandemi virus Covid-19 ini, Pemerintah Indonesia meminta masyarakat khususnya dibidang Pendidikan untuk melakukan kegiatan belajar dan mengajar dari rumah. Agar penyebaran virus tersebut dapat terputus dan mencegah bertambahnya korban terkena dari virus tersebut.


Beberapa sekolah dan universitas di daerah tertentu yang terkena dampak telah menangguhkan kegiatan belajar mengajar tatap muka langsung menggantinya dengan proses belajar mengajar secara online. Penting sekali bagi pihak sekolah dan para orangtua untuk bekerja sama dalam melakukan aktivitas belajar dan mengajar dengan cara seperti ini. Sebab hal ini pastinya mengubah kebiasaan yang ada menjadi hal yang berbeda dan tentu akan menyulitkan dalam pelaksanaanya.

Dengan metode belajar mengajar secara online ini yang kadang tidak semua pengajar yakni Guru untuk dapat melaksanakannya karena mungkin kesulitannya dalam memanfaatkan teknologi yang ada. Selain itu, hingga saat ini para guru masih kesulitan untuk menentukan metode belajar yang efektif dalam pelaksanaanya.

Maka dari itu perlu informasi yang jelas tentang aplikasi apa saja yang dapat dimanfaatkan sebagai media belajar mengajar secara online yang dapat digunakan oleh para Guru. Sehingga para Guru dapat melaksanakan kegiatan tersebut tanpa kesulitan dan kesusahan.

Berikut ini, 7 aplikasi HP Android untuk guru mudah mengajar di masa pandemi corona yang sangat direkomendasikan untuk para guru di Indonesia. Beberapa aplikasi tersebut antara lain:

1. Aplikasi Edmodo

Edmodo adalah platform microblogging pribadi yang dikembangkan untuk pengguna sebagai seorang guru dan siswa untuk penunjang kegiatan belajar mengajar secara online. Memberikan layanan berupa pusat pertemuan online untuk para guru dan siswa, dimana keduanya dapat saling berhubungan.

Aplikasi ini dapat diakses kapan saja dan dimana saja, dan memiliki tujuan yaitu menyediakan suatu hubungan yang permanen dan aman antara pengguna sebagai yang mengajar dan pengguna sebagai yang belajar.

Aplikasi ini mengizinkan penggunanya dapat membuat kelompok yang aman dimana hanya anggota yang terdaftar yang dapat masuk. Dengan begitu, pengguna yang di luar kelompok kerja atau kelas tidak akan dapat melakukan akses ke dalam kelompok yang sudah dibuat tersebut pada aplikasi ini.

Proses pengajaran oleh guru dapat dilakukan dengan aplikasi ini karena fiturnya yang sangat sesuai dengan kegiatan mengajar pada suatu akademik dan memang aplikasi ini ditujukan untuk para pengguna dibidang Pendidikan.

Fiturnya yang dapat membagikan materi, tugas, diskusi dan lain sebagainya yang sangat bermanfaat sekali dalam melakukan belajar mengajar. Siswa dapat mengerjakan tugas dengan menggunakan HP Android yang dimiliki. Bahkan siswa juga dapat langsung mengetahui hasil nilainya. Kunci jawab dari setiap soal dapat disediakan dan dapat diakses melalui aplikasi ini dengan persetujuan dari pengguna sebagai guru yang dapat dijadikan sebagai bahan koreksi siswa.

Aplikasi ini tidak hanya dapat digunakan oleh guru maupun siswa saja, akan tetapi juga dapat digunakan untuk pengguna sebagai orang tua siswa. Jadi Orangtua siswa akan  bisa melihat langsung proses belajar anaknya seperti untuk mengetahui rekap nilai yang sudah didapatkan dari hasil ujian online.

 2. Aplikasi Google Classroom

Google Classroom adalah suatu aplikasi yang ditujukan untuk kegiatan pembelajaran campuran secara online yang dapat digunakan secara gratis. Pengajar dapat membuat kelas sendiri dan membagikannya dalam bentuk kode kelas untuk mengundang para siswanya atau secara otomatis dapat diimpor dari domain sekolah.

Aplikasi Google Classroom ini diperuntukkan untuk membantu semua ruang lingkup dunia pendidikan yang membantu siswa untuk mengatasi kesulitan pembelajaran tanpa bertatap muka langsung, membagikan pelajaran dari mana saja dan membuat tugas tanpa harus hadir ke kelas.

Tujuan utama dari aplikasi Google Classroom ini yaitu untuk mensederhanakan proses berbagi file antara guru dan siswa dengan cara menggabungkan Google Drive yang dimiliki dalam pembuatan dan distribusi penugasan berupa data meliputi Google Docs, Sheets, Slides sebagai penulisannya dan Gmail sebagai komunikasi dan sharing, dan Google Calendar sebagai penjadwalan dari itu semua.

Dengan fitur yang terintegrasi dengan Google Calendar, maka secara otomatis Google akan membuat sebuah kalendar untuk setiap kelas pada setiap harinya saat guru mengajar. Guru juga dapat menggunakan kembali tugas yang sebelumnya sudah di posting di kelas, kemudian guru dapat langsung memilih kelas mana pemasangan tugas tersebut akan dipublish. Sehingga Guru dapat menyampaikan materi yang sama, untuk kelas yang berbeda. Selain itu, guru juga dapat mengedit keperluan lainnya seperti menambahkan pertanyaan.

 3. Aplikasi SEVIMA EdLink

Sevima EdLink adalah aplikasi yang dikhususkan untuk dunia pendidikan dalam membantu dosen ataupun guru agar dapat menghemat waktu, menjaga kelas tetap teratur, dan meningkatkan komunikasi dengan para siswa.

Dengan aplikasi Sevima EdLink ini, hanya dengan mengandalkan HP Android, para pengguna yakni pengajar sudah bisa memberi tugas menjadi lebih mudah dan cepat, dan juga bisa langsung memberikan nilai. Aplikasi canggih ini dapat anda download di playstore secara gratis.

Fitur untuk membuat tugas ini cara kerjanya yaitu dengan mengklik berbagi informasi lalu pilih pertanyaan, pengajar langsung dapat memberikan tugas. Dalam pengisian kontennya dapat menyantumkan file, gambar ataupun link, agar memudahkan siswanya dalam memahami pertanyaan yang diberikan.

Kemudian juga dapat melihat semua jawaban dan memberikan penilaian pada jawaban tersebut. Apabila tugas sudah terkumpul dapat dilakukan share semua jawaban siswa yang ada kepada anggota forum (dengan fitur forum kelas) untuk siswa dapat mempelajari jawaban dari siswa lainnya. Sehingga siswa akan tahu yang mana jawaban benar dan yang mana jawaban salah.

Dengan fitur ini pastinya sangat membantu pengguna yakni pengajar untuk melihat bagaimana pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Dari sisi pengguna yakni siswa, fitur ini juga membantu untuk menambah referensi belajar dari jawaban [engguna yanga lain.

4. Aplikasi Schoolmedia

Schoolmedia merupakan aplikasi pendidikan yang dilengkapi dengan sosial media. Schoolmedia menghubungkan masyarakat dengan komunitas sekolah untuk saling berbagi pengetahuan. Tujuan utama dari Schoolmedia ini yaitu membantu tiap sekolah untuk meningkatkan pelayanan pendidikan kepada masyarakat.

Schoolmedia sebagai tempat bertemunya lembaga dan individu, antara guru, siswa, orangtua siswa, alumni sekolah, personil lembaga, maupun masyarakat umum untuk memudahkan saling berinteraksi dan memberikan manfaat satu sama lainnya.

Aplikasi School Media ini menyediakan beberapa fitur menarik. Fitur itu diantaranya Network Social, User Organization, News, Questions and Answer, E-Learning Schoolmedia, Online Based Testing Schoolmedia, E-book, E-point, School Web Management, System Akademic School dan Games Edukasi.

Selain itu nantinya siswa dalam penggunaan aplikasi ini dapat memeriksa nilai akademik, melihat data orang tua siswa, histori pembayaran, dan sebagainya. Dengan aplikasi Schoolmedia ini, siswa akan mendapatkan transparansi dari nilai akademik, baik itu berdasarkan dari nilai tugas, dari nilai UTS/UAS dan lain sebagainya.

Kemudian untuk yang lainnya terdapat histori pembayaran yang telah disediakan oleh Aplikasi Schoolmedia ini. Siswa akan mendapatkan daftar transaksi yang sudah dilakukan beserta informasi lainnya yang berhubungan dengan akademik kepada orang tua. Selain itu juga, nantinya siswa akan mendapatkan daftar hadir dari setiap mata pelajaran per semesternya.

5. Facebook

Pasti banyak yang heran kenapa dengan Facebook sebagai aplikasi yang direkomendasikan untuk media mengajar guru kepada muridnya. Selain untuk digunakan untuk sosial media fitur yang dihadirkan Facebook ini sangat cocok untuk media belajar mengajar salah satunya fitur livestream yang dapat diakses melalui HP Android dari penggunanya.

Dengan live streaming guru dapat melakukan proses mengajar melalui video yang secara langsung dapat ditonton oleh para muridnya. Dan dengan disediakan kolom komentar murid yang menonton dapat melakukan tanya jawab apabila dalam proses mengajar terdapat pertanyaan yang ingin diajukan ataupun untuk hal interaksi lainnya.

Fitur lainnya yakni Group facebook, Group tertutup, dan lain sebagainya juga sangat cocok untuk diterapkan dalam proses belajar mengajar terutama dalam hal membuat kelas dengan anggota yang tertutup. Selain itu dengan Facebook ini pada pengguna yang masih minim teknologi terutama anak sekolah tidak susah untuk menggunakannya karena pasti semua sudah familiar dalam penggunaanya terkait populernya aplikasi dibanding aplikasi media sosial lainnya.

6. YouTube

Kemudian ada aplikasi yang pastinya sudah tak asing lagi terkait kepopuleran dan banyaknya yag menggunakannya yaitu YouTube. Youtube adalah salah satu media sosial paling mainstream dengan lebih dari 2 miliar pengguna saat ini. YouTube menjadi media sosial paling populer untuk content creator untuk menuangkan kreativitas mereka.

Dengan Youtube, Guru dapat melakukan live streaming untuk media mengajar yang nantinya dapat ditonton langsung oleh para muridnya. Tidak harus streaming dengan Youtube guru dapat menguploud video sebagai bahan mengajar yang nantinya para murid dapat menonton nya langsung cukup dibagikan link video yang sudah teruploud.

Pastinya tidak hanya memudahkan untuk guru tetapi juga untuk murid karena mudahnya penggunaan aplikasi ini dan juga sudah banyak penggunanya. Sehingga guru tidak perlu harus melakukan training kepada murid untuk mengajarkan cara penggunaan aplikasi yang dipakai sebagai media belajar mengajar.

7. Aplikasi Ruangguru

Ruangguru merupakan sebuah perusahaan startup teknologi asal Indonesia yang menawarkan platform pembelajaran berbasis kurikulum sekolah melalui video tutorial interaktif oleh guru dan animasi di aplikasi HP Android.

Ruangguru menyediakan tiga aplikasi yaitu untuk pelajar, guru dan juga orang tua. Maka dari itu Ruang Guru dapat menjadi solusi belajar online yang lengkap.

Dengan aplikasi Ruang Guru ini, maka pengguna dapat mengakses ribuan soal latihan yang lengkap. Soal tersebut telah disesuaikan dengan tingkatan pembelajaran sepereti SD, SMP dan SMA.

Tidak hanya dengan fitur live teaching, para siswa dapat melatih pembelajarannya melalui fitur Bank Soal dan Online Tryout yang gratis. Seperti hal nya kegitan sekolah pada umumnya, para pelajar juga dapat mengetahui apa yang nantinya dipelajari di jam dan hari tertentu melalui detail jadwal pembelajaran yang terdapat di aplikasi Ruangguru.

Selain itu, pengguna yakni murid juga dapat menonton 1528 video pembelajaran untuk persiapan UN dan SBMPTN yang berupa konsep dan pembahasan soal. Aplikasi ini sangatlah cocok untuk membantu para guru dalam kegiatan belajar mengajar.

 

Itulah 7 aplikasi HP Android untuk guru mudah mengajar di masa pandemi corona yang sangat direkomendasikan. Semoga dengan informasi tersebut dapat membantu para guru dalam melaksanakan kegiatan belajar dengan online secara efektif.

Terimakasih.

0 Response to "7 Aplikasi HP Android untuk Guru Mudah Mengajar Di Masa Pandemi Corona"

Post a Comment

Silakan tulis pesan di kolom komentar dengan bijak. Komentar SPAM, memberikan link tanpa izin Admin, dan tindakan negatif lain tidak akan diterbitkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel