7 Aplikasi Meeting Online dan Video Conference Jarak Jauh Terbaik

Dalam upaya menghentikan penyebaran virus corona (Covid-19), banyak perusahaan mejalankan proses kerjanya dengan memperkerjakan karyawannya untuk bekerja di rumah dalam beberapa waktu. Dalam hal ini, termasuk pula urusan pekerjaan dalam mengadakan meeting yang tidak harus dilakukan secara formal di kantor.

Oleh karena itu dengan kondisi seperti sekarang ini teknologi sangat dibutuhkan sekali dalam membantu kegiatan-kegiatan yang berketerkaitan dengan pekerjaan sepereti tersebut. Kecanggihan teknologi saat ini memungkinkan setiap orang mengurus segala macam keperluan dengan mudah melalui HP Android dan laptop/PC.

Saat ini sudah ada beragam aplikasi meeting online terbaik yang dapat digunakan secara gratis di berbagai perangkat seperti HP Android maupun laptop/PC. Aplikasi yang memeberikan layanan meeting online yang mendukung video call untuk mengadakan meeting ataupun diskusi.

Aplikasi yang sudah sekarang ini pun peserta yang dapat diikut sertakan dapat menampung dengan jumlah yang banyak penggunanya. Penggunaan aplikasi meeting online tentunya jauh lebih efektif dan menjadi solusi untuk komunikasi secara audio dan visual daripada hanya melalui pesan teks.

Berikut ini 7 Aplikasi Meeting Online dan Video Conference Jarak Jauh Terbaik di Android yang dapat dicoba, sebagaimana untuk kebutuhan pekerjaan-pekerjaan yang ada.

1. Google Hangouts Meet

Sudah banyak pastinya penggunaan HP Android berhubungan dengan Google. Dari email, mesin pencarian, web browser semua pasti menggunakan aplikasi dari Google. Dalam penggunaan layanan aplikasi untuk video call pastinya Google juga memilikinya yaitu Google Hangouts Meet.

Aplikasi Google Hangouts Meet ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan chatting, percakapan video, dan percakapan suara. Aplikasi ini juga terintegrasi dengan Google+ dan Gmail. Keunggulan dari aplikasi ini yaitu dapat terhubung langsung dengan Google ID pengguna. Dengan ini akan memudahkan pengguna mencari kontak yang sudah ada sebelumnya yang ada di e-mail maupun Google contact.

Aplikasi Google Hangout Meets ini dapat digunakan untuk meeting virtual dengan jumlah peserta hingga 250 orang. Namun, untuk bisa memanfaatkan fitur tersebut pengguna harus berlangganan layanan G-Suite. Untuk versi gratis hanya bisa menerima panggilan video, tidak bisa membuat panggilan dan hanya mendukung sampai 50 peserta.

Selain itu, aplikasi juga dapat disinkronkan dengan Google Calender dan dilengkapi beberapa fitur konferensi video tambahan. Aplikasi ini juga memiliki beberapa fitur seperti dapat menampilkan caption secara otomatis dengan teknologi text-to-speec.

Cara pengunaannya, apabila ingin mengundang orang lain bergabung diluar anggota video, penyelenggara percakapan video cukup membagikan meeting code ke orang yang diinginkan dan kemudian orang tersebut dapat masuk dalam meeting dengan memasukkan meeting code tersebut.

2. Skype

Aplikasi Meeting Online dan Video Conference terbaik berikutnya yang dapat dicoba adalah Skype. Skype merupakan aplikasi percakapan berbasis suara dan video dari Microsoft.  Sampai saat ini jumlah pengguna aplikasi Skype telah mencapai di atas 250 juta orang pengguna.

Aplikasi ini dapat menampung pengguna dalam satu ruang lingkup percakapan dengan kapasitas 25 peserta yang bertatap muka secara virtual dalam satu kali panggilan. Penggunaannya cukup melalukan beberapa klik sesuai dengan arahan yang diberikan oleh aplikasi, lalu pengguna dapat melakukan video call sepuasnya. Aplikasi Skype ini dapat diakses melalui beragam perangkat, mencakup komputer (PC dan laptop), HP Android, ataupun TV yang support dengan Skype.

Aplikasi Skype ini menyediakan beberapa fitur menarik lainnya seperti layanan panggilan suara, pesan singkat, dan mendukung video call lintas platform. Selian itu aplikasi ini telah meluncurkan fitur baru yang memungkinkan pengguna dapat melakukan video call tanpa harus mendaftar ke aplikasi terlebih dahulu. Skype juga mendukung layanan panggilan suara berbayar ke nomor ponsel maupun telepon rumah.

Skype dapat digunakan secara gratis, namun untuk dapat menikmati fitur yang lebih lengkap seperti dapat melakukan video conference hingga 250 orang sekaligus, termasuk screen-sharing di mana dapat membagikan layar untuk presentasi dapat menggunakan versi Skype for Business. Skype for Business dapat dibeli sepasang dengan Microsoft Office 365 Businesss Essentials dimulai dengan harga $5 - $35 perbulannya.

3. Microsoft Teams

Microsoft Teams merupakan hasil pengembangan dan peningkatan dari Microsoft Skype for Business. Microsoft Teams adalah salah satu platform komunikasi dan kolaborasi terpadu yang menggabungkan fitur percakapan kerja, video meeting, penyimpanan berkas data yang termasuk kolaborasi pada berkasnya, dan integrasi antar aplikasi. Aplikasi ini terintegrasi dengan Office 365 dan juga dapat diintegrasikan dengan produk lain selain buatan Microsoft.

Walaupun sama-sama dari Microsoft, Teams dengan aplikasi Skype memiliki perbedaan. Yaitu Teams dapat menjangkau lebih banyak pengguna, hingga 10.000 peserta dalam sekali panggilan. Dengan Ini menjadi solusi bagi yang membutuhkan aplikasi video call yang gratis tapi dapat menggunakan dengan jumlah peserta dengan banyak yang dapat melakukan live conference sekaligus.

Keunggulan lain dari aplikasi ini adalah tidak perlu lagi mencari folder untuk menemukan file yang ingin dikerjakan. Dengan aplikasi Teams ini, pengguna dapat mengakses, share, dan mengedit file dokumen Word, PowerPoint, dan Excel secara real-time.

Sebagai aplikasi dengan layanan tempat kerja yang kolaboratif, fitur chatting menjadi fitur dasar dari Microsoft Teams. Dengan begitu aplikasi ini sangat layak untuk menjadi solusi perpesanan profesional yang terintegrasi dengan bermacam-macam perangkat yang didukung dengan pesan berbasis teks, audio, hingga audio visual melalui video call.

Microsoft Teams telah hadir dalam versi mobile untuk HP Android. Segala perubahan damn pemeberitahuan dalam akun Microsoft Teams akan dikirim melalui notifikasi, atau juga dapat berkirim pesan dan video calling dengan mudah.

 4. Cisco Webex Meetings

Untuk keadaan darurat pandemi virus corona saat ini apalagi untuk bekerja dirumah yang membutuhkan media komunikasi dalam saling bertemu secara virtual maka butuh aplikasi yakni aplikasi Cisco Webex Meetings.

Cisco Webex Meetings adalah salah satu aplikasi penyedia layanan video conference. Aplikasi ini telah hadir sejak tahun 90-an, kemudian diakuisisi oleh Cisco pada tahun 2007. Aplikasi cukup populer di kalangan pengguna bisnis karena mempunyai banyak fitur menarik, seperti bergabung dengan meeting hanya dengan satu klik, layout video yang disesuaikan, dan menjadwalkan live meeting melalui aplikasi.

Walaupun dikenal sebagai aplikasi bisnis dan berfokus pada perusahaan, Cisco Webex juga banyak digunakan para pekerja profesional yang bekerja dari rumah. Terdapat versi gratis yang bisa untuk dicoba. Dengan versi gratisnya dapat membuat panggilan dengan 100 peserta dengan batasan waktu penggunaan selama 40 menit. Selain itu juga dapat melakukan panggilan audio tanpa menggunakan video.

Fitur di aplikasi Cisco Webex berupa screen sharing, dukungan Google Assistant dan Google Home Hub, fitur papan virtual untuk menggambar, fitur pengunggah dokumen, hingga fitur untuk merekam percakapan video.

Cisco Webex menyediakan layanan Cisco Webex juga menyediakan paket berbayar dari $13.50 - $26.95 perbulannya dimana mendapatkan fitur yang lebih lengkap. Dan juga mendapatkan layanan video conference yang dapat menampung hingga 1000 orang dalam sekali pertemuan, yang sangat dibutuhkan apabila ingin mengadakan seminar online yang memiliki banyak audience.

5. Jitsi Meet

Bekerja dari rumah membutuhkan teknologi yang memberikan layanan video conference untuk menggantikan fungsi rapat dengan rekan kerja atau klien. Salah satunya adalah dengan aplikasi Jitsi Meet.  Aplikasi Jitsi Meet adalah platform open-source yang memeberikan kegunaan untuk melakukan video conference dengan mudah. Aplikasi ini dapat menampung obrolan dengan jumlah peserta hingga 75 orang.

Untuk menggunakannya tidak harus login, cukup tekan New Meeting, kemudian akan mendapatkan sebuah virtual room sebagai tempat melakukan video conference. Setelah itu dapat share link virtual room nya ke orang yang diinginkan untuk diundang ke rapat. Selanjutnya untuk orang yang diundang tersebut, tinggal buka link yang dishare tadi dan kemudian dapat langsung bergabung ke ruang rapat tanpa harus login.

Jitsi Meet menawarkan banyak fitur seperti bisa chatting, merekam video, dan kemampuan untuk mereject peserta obrolan yang ingin dikeluarkan dari obrolan. Selain itu dapat memberikan fitur lainnya sepereti mengaburkan background, dan terintegrasi dengan Slack, Google Calendar, dan Office 365.

Tidak hanya itu aplikasi Jitsi Meet ini dapat share screen untuk berbagi isi layar kepada peserta rapat atau call recording untuk merekam pembicaraan saat rapat. Selain gratis, Jitsi Meet layanan video conferencenya memberikan keamanan dan sepenuhnya terenkripsi. Artinya semua pembicaraan di dalam Jitsi Meet bersifat rahasia dan tidak dapat dilihat orang yang tidak berkepentingan.

Untuk mengakesnya tinggal membuka situsnya jitsi.org/jitsi-meet/.

6. Zoom

Pandemi virus Covid-19 membuat banyak perusahaan menerapkan WFH kepada karyawannya khususnya untuk keperluan bertemu tatap langsung. Dari dari rumah masing-masing para karyawan harus dapat membuat ruang diskusi yang kadang jumlah anggotanya sangat banyak. Hal ini tentunya membutuhkan teknologi yang cukup canggih karena tidak semua penyedia teknologi yakni aplikasi dapat memberikan fitur bertatap muka secara online dengan jumlah pengguna yang banyak dalam satu lingkup yang sama.

Dari banyaknya penyedia layanan video streaming untuk bertatap muka secara langsung ada salahsatu penyedia layanan yang mampu dengan pengguna jumlah yang banyak adalah aplikasi Zoom.

Aplikasi Zoom adalah sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk menggelar video conference. Aplikasi ini sangat cocok untuk perusahaan yang ingin melakukan kerja dari rumah karena jumlah maksimal pengguna dapat mencapai 1,000 orang dan 49 video di waktu yang sama. Aplikasi yang satu ini bisa digunakan melalui HP Android atau desktop PC dan dapat dinikmati secara gratis.

Keunggulannya adalah fitur video dan audio kualitas HD. Selain itu, fitur unik dari aplikasi ini adalah bisa mengganti background ketika melakukan video conference dan juga bisa berbagi layar dengan orang lain secara real-time jika ingin presentasi.

Gratis untuk versi Basic, namun untuk menikmati fitur lainnya dapat berlangganan dengan harga mulai dari $14.99 / bulan. Untuk menggunakannya cukup akses Zoom via Link berikut ini: https://zoom.us/

7. Whatsapp

WhatsApp Messenger adalah aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan kita bertukar pesan tanpa biaya pulsa seperti SMS, karena WhatsApp Messenger menggunakan kouta data internet yang sama untuk email, browsing web, dan lain sebagainya. Aplikasi WhatsApp Messenger menggunakan koneksi internet 3G, 4G atau WiFi untuk komunikasi data. Dengan menggunakan WhatsApp dapat melakukan obrolan online, berbagi file, bertukar foto dan lain sebagainya.

Selain bisa digunakan untuk chatting, aplikasi WhatsApp juga dapat dipakai untuk rapat kerja atau berdiskusi secara jarak jauh. WhatsApp menyediakan panggilan suara dan video grup hingga empat orang. Kini jumlah peserta video grup itu ditingkatkan menjadi delapan orang.

Membahas soal fitur, WhatsApp memang tak memiliki banyak fitur tambahan tentang aplikasi konferensi video. Namun desain tampilannya cukup simpel dan sangat mudah digunakan mengingat jumlah penggunanya yang sangat banyak. WhatsApp bisa diunduh di Google Play Store (Android).

 

Itulah 7 Aplikasi Meeting Online dan Video Conference Jarak Jauh Terbaik di Android yang dapat dicoba sebagaimana untuk kebutuhan pekerjaan-pekerjaan yang ada selama menjalani rapat dari rumah secara online. Semoga bermanfaat dari informasi tersebut.

Terimakasih.

0 Response to "7 Aplikasi Meeting Online dan Video Conference Jarak Jauh Terbaik"

Post a Comment

Silakan tulis pesan di kolom komentar dengan bijak. Komentar SPAM, memberikan link tanpa izin Admin, dan tindakan negatif lain tidak akan diterbitkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel